Kaleidoskop: 5 Brand Minuman Viral Sepanjang Tahun 2022

Kathleen | Selera Nusantara | 30-12-2022

Grafik Brand Minuman Viral 2022 (Foto : Populix)

PARBOABOA - Tren kuliner khususnya minuman tidak pernah ada habisnya berinovasi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Berbagai macam jenis minuman viral kekinian hadir di tengah masyarakat dan sangat digandrungi khususnya oleh kaum muda mudi.

Minuman viral kekinian ini terdiri dari beberapa jenis  yang popular sepanjang tahun 2022, seperti kopi, boba, milk tea serta masih banyak lagi. Menurut Doxa Digital, konten di media sosial sekarang ini merupakan salah satu prasarana pemasaran yang telah mendominasi seperti salah satunya bisnis food and beverages (F&B).

Bisnis F&B belakangan semakin kompetitif yang mana masing-masing brand mulai menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya. Pengaruh media sosial yang masif ini menjadikan pertumbuhan bisnis minuman kekinian melesat.

Adapun omset bisnis minuman boba di Indonesia telah menembus angka 1,6 miliar dollar AS di tahun lalu. Sebuah survey dilakukan oleh Populix dan mengungkapkan bahwa 5 merek minuman viral kekinian kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Apa sajakah brand tersebut? Berikut Parboaboa.com akan mengulas seputar minuman viral kekinian 2022.

Brand Chatime

Peringkat pertama minuman viral yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia adalah Chatime. Brand ini pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2011 dan menyajikan berbagai minuman brewed tea khas Taiwan dengan lebih dari 50 varian rasa. Adapun varian minuman Chatime terdiri dari 6 kategori di antaranya signature milk tea, tea presso, smoothies, tearrific, coffee and latte, serta mood refresh.

Pada tahun 2020 lalu, terhitung brand ini sudah membuka 389 gerai yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dalam survey Populix mengungkapkan bahwa 56% responden telah mengonsumsi Chatime selama tahun 2022 ini.

Brand minuman asal Taiwan ini mengadopsi konsep penyajian customized drink, pelanggan Chatime dapat menentukan sendiri jenis topping, takaran gula, serta jumlah es yang diinginkan.

Brand Janji Jiwa

Antusias masyarakat terhadap minuman kopi di Indonesia masih sangat tinggi, hal tersebut bisa dibuktikan dengan munculnya kopi Janji Jiwa sebagai brand minuman kopi asli Indonesia yang berhasil tumbuh pesat beberapa tahun belakangan ini.

Brand minuman Janji Jiwa ini mendapatkan peringkat ke-2 yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh Populix. Brand ini meraih sebesar 38% responden pada tahun 2022.

Kopi Janji Jiwa pertama kali didirikan pada tahun 2018 lalu, dan ajaibnya pada tahun 2019 mereka sudah berhasil memecahkan rekor MURI dengan membuka 700 gerai baru di 50 kota berbeda. Kopi Janji Jiwa memiliki tagline "Kopi dari Hati" hal tersebut sejalan dengan misi mereka yaitu untuk memperkenalkan biji kopi lokal asli Indonesia.

Dengan hal tersebut mereka berharap hadirnya kopi Janji Jiwa bisa terus memenuhi pasar minuman kopi di Indonesia sekaligus memajukan petani lokal melalui setiap gelas kopi yang disajikan oleh kopi Janji Jiwa.

Brand Esteh

Posisi ke-3 diraih oleh brand Esteh Indonesia dengan total responden sebesar 38% pada tahun 2022. Es Teh Indonesia telah didirikan oleh Haidhar Wurjanto sejak tahun 2018. Setelah setahun berjalan, dia pun mencoba menawarkan paket kemitraan pada 2019. Namun saat itu popularitas Es Teh Indonesia masih biasa-biasa saja, dan baru berhasil membuka 20 cabang dalam kurun waktu satu tahun.

Pada 5 September 2022, akhirnya Esteh sudah membuka gerai sebanyak 945 yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Adapun rinciannya sebanyak 643 gerai (68%) berlokasi di Jawa sementara sisanya 302 gerai (32%) berada di luar Jawa.

Brand Kopi Kenangan

Adapun Kopi Kenangan menempati posisi ke-4 minuman kekinian paling banyak dikonsumsi pada tahun 2022. Sebesar 31% responden mengungkapkan bahwa mereka kerap mengonsumsi Kopi Kenangan.

Kopi Kenangan didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa pada tahun 2017. Kedai pertamanya berada di daerah Kuningan. Pada hari pertama pembukaan Kopi Kenangan, kedainya berhasil menjual 700 gelas. Dua tahun kemudian, Kopi Kenangan telah membuka lebih dari 230 kedai di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2018, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan dari Alpha JWC sebesar Rp121 miliar. Dan tahun 2019, Kopi Kenangan mendapatkan suntikan dana lagi sebesar Rp288 miliar, kali ini dari modal ventura Sequoia India. Dengan dana sebanyak itu, Kopi Kenangan menargetkan memiliki 1.000 gerai pada 2021.

Brand Haus!

Terakhir, brand minuman Haus! mengamankan posisi ke-5 minuman kekinian paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Adapun raihannya yakni sebesar 25% pada tahun 2022.

Brand ini didirikan pertama kali sejak Juni tahun 2018 oleh Gufron Syarif, CEO Haus! Mereka mematok harga terjangkau untuk setiap produknya dan Saat ini Haus! telah memiliki 197 cabang outlet yang tersebar di 18 kota di Jawa dan ke depannya akan berekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Tag : #minuman viral 2022    #minuman    #selera nusantara    #chatime    #janji jiwa    #kopi kenangan    #esteh   

Baca Juga