Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil ( Foto: jovee)

7 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil, Cocok Dijadikan Cemilan

Huira | Kesehatan | 17-09-2022

PARBOABOA - Selama masa kehamilan, para ibu disarankan untuk sering mengonsumsi buah. Hal ini karena buah dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan janin. Maka tak heran jika ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2-4 porsi buah perhari. Lantas, apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil? Yuk temukan jawabannya disini!

7 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Pisang

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Buah berwarna kuning dengan cita rasa yang manis ini ternyata tidak hanya lezat, tetapi juga menyediakan cukup banyak nutrisi yang baik dan diperlukan oleh ibu hamil.

Dilansir Healthline, pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, potasium dan kalium yang tinggi. Selain itu, kandungan kalori pisang juga tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak mudah merasa lelah.

Alpukat

Jenis buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama adalah alpukat. Buah ini baik karena mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, potasium, dan kalium. Potasium dipercaya mampu meredakan mual yang biasanya terjadi pada trimester pertama masa kehamilan. Sedangkan kalium dipercaya mampu meredakan kram kaki yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Berry

Beragam jenis buah berry merupakan buah yang bagus dikonsumsi selama masa kehamilan. Hal ini karena buah berry mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang cukup tinggi. Kalium dalam buah berry mampu menjaga tekanan darah yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot selama masa kehamilan.

Jeruk

Dikutip dari American Pregnancy Association, ibu hamil membutuhkan setidaknya 70 mg vitamin C per hari. Hal ini karena vitamin C bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Ketika berbicara seputar buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi tentu kamu akan teringat dengan buah berwarna oranye yang satu ini. Jeruk memang kaya akan kandungan vitamin C dan berbagai kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan.

Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke 2 adalah mangga. Buah dengan tekstur yang lembut serta rasanya yang asam manis ini memang menjadi buah yang digemari cukup banyak orang tidak terkecuali ibu hamil.

Selain sedap, buah mangga juga mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi. Kandungan kalium dalam buah mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Sedangkan vitamin C membantu menangkal serangan radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh ibu hamil. Kandungan vitamin A dalam buah ini berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada janin.

Apel

Buah apel tinggi akan serat dan juga sebagai sumber vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, apel juga mengandung kalium, dan pektin. Pektin merupakan prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus. Tidak sampai disitu, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko terjadinya asma dan alergi lebih rendah terjadi pada bayi dan ibu hamil yang rutin mengonsumsi apel selama masa kehamilan.

Semangka

Kaya akan air menjadikan buah semangka bagus untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Dengan mengonsumsi semangka mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, menghilangkan haus, dan mencukupi asupan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan kalium.

Semangka juga menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil trimester 3, karena dipercaya mampu mengurangi bengkak di tangan dan kaki serta mencegah kram otot yang biasa terjadi selama masa kehamilan.

Yuk lihat juga ulasan seputar Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kandungan dan 7 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil, Serta Tips Mengkonsuminya.

So, itulah 7 jenis buah yang bagus untuk ibu hamil. Sebelum mengonsumsi jenis buah-buahan di atas, pastikan kamu telah mencucinya hingga benar-benar bersih. Semoga bermanfaat!

Tag : #ibu hamil    #buah yang bagus untuk ibu hamil    #kesehatan    #American Pregnancy Association   

Baca Juga