Ilustrasi cara cek tagihan listrik online

5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online Lewat HP

Wanovy | Teknologi | 03-02-2022

PARBOABOA - Tahukah kamu jika sekarang ada cara cek tagihan listrik online untuk masyarakat yang belum menggunakan token? Cara ini disediakan oleh PLN sebagai bentuk layanan yang diberikannya, sehingga pelanggan bisa merasakan kenyamanan ketika akan mengetahui berapa biaya yang harus dibayarnya.

Bagi pelanggan PLN pascabayar (postpaid), cek tagihan listrik online seringkali diperlukan untuk memperkirakan secara akurat berapa biaya yang perlu dikeluarkan selama sebulan. Pasalnya, tagihan listrik bulan ini belum tentu sama dengan tagihan listrik bulan sebelumnya.

Selain itu, cek tagihan listrik PLN secara berkala juga menjadi hal penting agar pengguna tidak terlambat dalam pembayaran tagihan. Jika pelanggan terlambat atau tidak membayar tagihan listrik, maka akan dikenai denda atau pemutusan sambungan listrik.

Sementara bagi pelanggan listrik prabayar (prepaid), cek tagihan listrik online juga berguna untuk melihat riwayat pemakaian listrik serta biaya yang sudah dikeluarkan untuk membeli token pulsa.

Apabila pelanggan telat membayar tagihan listrik dan melewati masa tenggatnya, maka pihak PLN berhak untuk memutus aliran listrik. PLN memberikan batas maksimal pembayaran tagihan listrik sampai tanggal 20 di setiap bulan. Sementara tagihan listrik biasanya akan keluar pada tanggal 2 atau 3 di setiap bulannya.

Untuk itu, ada beberapa cara yang disediakan oleh PLN guna melakukan pengecekan tagihan listrik online tanpa harus meninggalkan rumah. Berikut beberapa cara cek tagihan listrik online yang perlu kamu ketahui.

1. Cara Cek Tagihan Listrik di PLN Mobile

Cara cek tagihan listrik online yang pertama bisa kamu lakukan dengan mendownload aplikasi resmi PLN Mobile di Google PlayStore. Selengkapnya simak panduan dibawah ini!

- Setelah diinstal, login akun kamu di aplikasi. Jika belum punya akun, bisa pilih "Daftar".

- Kamu harus isi nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email, dan password sebanyak 6 digit.

- Selanjutnya, pilih tab "Informasi" di halaman depan aplikasi PLN Mobile, lalu ketuk "Informasi Tagihan dan Token Listrik".

- Di halaman "Informasi Tagihan dan Token Listrik", tertera grafik naik-turun yang memperlihatkan pemakaian dan jumlah tagian listrik kamu. Garis hijau menunjukan jumlah tagihan dalam rupiah, lalu garis kuning merupakan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.

- Dari data yang tersedia di aplikasi tersebut, kamu bisa hitung besaran tagihan, apakah sesuai dengan pemakaian listrik yang digunakan atau tidak.

Selain mengecek tagihan listrik, aplikasi PLN Mobile juga dapat memudahkan penggunanya untuk melihat sisa pemakaian listrik lho.

Cara Cek Perkiraan Token Listrik di PLN Mobile

Selain cek tagihan listrik online, di aplikasi PLN Mobile kamu juga bisa mengecek perkiraan token listrik yang kamu gunakan.

Caranya adalah pilih menu "Kelistrikan" pada aplikasi PLN Mobile. Lalu, masukkan ID Pelanggan dan akan muncul Perkiraan sisa pemakaian listrikmu.

Kini, masyarakat bisa melakukan pembelian token listrik prepaid atau prabayar dengan mudah melalui berbagai tempat, seperti gerai ATM sejumlah bank.

Token atau pulsa listrik yang terdiri dari 20 digit angka, dimasukkan ke Meter Prabayar (MPB) saat melakukan isi ulang listrik.

2. Cara Cek Tagihan Listrik Via Telepon

Kamu juga bisa mengecek tagihan listrik langsung via sambungan telepon. Panggal saja layanan call center PLN di 123 dengan mencantumkan kode area tempat kamu tinggal.

Selanjutnya kamu tinggal mengikuti petunjuk dari operator. Ingat, telepon ini dikenakan tarif telepon normal dan tidak gratis. Kamu juga bisa menggunakan layanan instan, atau berlangganan secara langsung untuk mengetahui tarif listrik setiap bulannya.

3. Cara Cek Tagihan Listrik Via SMS

Kirim SMS dengan format REK (spasi) Nomor ID Pelanggan, lalu kirimkan ke 8123 Dalam waktu singkat kamu akan menerima SMS mengenai tarif dan tagihan yang harus dibayarkan.

Untuk berlangganan, Ketik SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kirim ke 8123. Dan untuk berhenti berlangganan ketik SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID Pelanggan Anda

4. Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat Website Resmi PLN

Berikut ini cara cek tagihan listrik online melalui website resmi PLN:

- Buka browser di HP Masuk ke website resmi PLN di situs portal.pln.co.id.

- Ketik "Daftar Akun" di pojok kanan bawah apabila belum terdaftar

- Isi data diri dengan memasukan nama pemohon, email aktif, ID pelanggan atau nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, dan kode captcha.

- Klik "Daftar", PLN akan mengirimkan kode verifikasi yang dikirim melalui email.

- Masukkan kode verifikasi.

- Setelah terdaftar, pelanggan bisa memasukan alamat email dan password yang sudah dibuat saat pendaftaran.

- Setelah masuk, sistem akan menampilkan informasi terkait tagihan dan riwayat pembelian listrik.

- Layar akan menampilkan informasi tagihan listrik PLN yang harus dibayar.

5. Cara Cek Tagihan Listrik Online Via Email

Pelanggan PLN juga bisa mendapatkan pemberitahuan mengenai tagihan listrik lewat e-mail. Untuk mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik, kamu terlebih dahulu harus terdaftar di e-billing PLN. Kamu bisa menanyakan hal tersebut via email di pln123@pln.co.id atau lewat akun media sosial resmi PLN, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123.

Nah, demikianlah informasi seputar cara cek tagihan listrik online yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #tagihan listrik    #pln   

Baca Juga