Lappet (dok istimewa)

Cara Membuat Lapet Pulut Atau Lappet Ketan Khas Batak

Olivia | Selera Nusantara | 09-02-2022

Parboaboa, Pematangsiantar – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak suku. Suku-suku di negara ini memiliki ciri khas atau jajanan khas daerah masing-masing.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan utama, mulai dari makanan manis hingga yang rasanya gurih, banyak jenis makanan khas yang bisa kamu temukan di Indonesia.

Salah satu makanan yang menjadi favorit di suku batak dan bisa dikonsumsi kapanpun, yaitu kue lappet. Dibeberapa daerah lappet sering disebut lepat, lampet, ombus-ombus, dan yang lainnya.

Lappet adalah jajanan atau kue khas suku Batak yang terbuat dari tepung beras atau ketan yang diisi dengan gula merah yang sudah dimasak dengan kelapa.

Kuliner khas suku Batak ini sangat nikmat jika dihidangkan selagi panas atau hangat dan didampingi dengan teh hangat juga.

Tunggu apalagi, mari kita buat kue lappet khas suku Batak. Silahkan disimak cara membuat lapet pulut atau lappet ketan khas batak, berikut:

Bahan

- 1kg tepung beras atau ketan
- 7 bulatan kecil gula merah
- 1 buah kelapa muda di parut
- Garam secukupnya
- Kayu manis secukupnya
- Air bersih

Pembungkus kue lappet

- Daun pisang secukupnya
- Minyak goreng secukupnya (olesan)

Cara Membuat Lapet Pulut Atau Lappet Ketan

- Langkah pertama, kukus daun pisang atau jemur diterik matahari, agar sedikit layu. Keringkan atau bersihkan daun pisang tersebut.

- Masak kelapa, gula merah dan kayu manis hingga tercampur rata dan wangi. Beri sedikit air jika terlalu kering dan jangan lupa tambahkan garam secukupnya.

- Campurkan tepung beras atau tepung ketan dengan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Buatlah adonan yang tidak encer, sehingga nanti dapat dibentuk.

- Setelah adonan lappet selesai, ambil daun pisang dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Kemudian bulat-bulatkan adonan tadi dan masukkan kedalam daun pisang yang sudah diolesi dengan minyak makan.

- Beri lubang di tengah adonan, lalu masukkan kelapa yang sudah dimasak dengan gula merah sebelumnya dan tutup kembali adonan tersebut. Kemudian bungkus rapi menggunakan daun pisang.

- Masukkan kue lappet mentah kedalam kukusan, lalu kukus hingga matang.

- Jika sudah matanng, hidangkkan kue lappet dengan teh hangat.

Itulah cara membuat lapet pulut atau lappet ketan khas batak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tag : #resep    #lappet    #makanan daerah    #batak    #selera nusantara    #kuliner sumut   

Baca Juga