Ilustrasi cara membuka hp yang lupa kata sandi, foto: howtogeek.com

Mudah, Ini Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi

Wanovy | Teknologi | 23-03-2022

PARBOABOA - Cara membuka HP dengan kata sandi akan jauh lebih mudah ketika kamu tahu password yang digunakan. Namun, bagaimana kalau yang terjadi justru sebaliknya? Pasti bakalan bikin pusing banget, ya.

Memasang kata sandi di HP bisa jadi satu alternatif cara menjaga keamanan data dan privasi. Biasanya, seseorang akan memasang kata sandi yang unik, berupa kombinasi angka yang sulit untuk ditebak.

Sayang terkadang karena saking uniknya, seseorang malah melupakan kata sandinya sendiri. Jika sudah demikian, berbagai cara membuka kata sandi HP yang lupa akan coba dilakukan.

Tidak sengaja lupa kata sandi sebenarnya merupakan hal yang cukup lumrah terjadi. Meskipun, kata sandi di HP sebenarnya selalu diakses setiap hari.

Namun jika kamu mengalaminya tak perlu lagi khawatir. Sebab, ada beberapa cara membuka HP yang lupa kata sandi yang bisa dilakukan untuk membuka HP yang kata sandinya terlupa.

Penasaran bagaimana? Berikut ini Parboaboa sudah siapkan cara membuka HP yang lupa kata sandi. Check it out!

1. Find My Device

Ini adalah cara membuka HP yang lupa kata sandi termudah dan terbaik untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat, jika pengguna lupa kode PIN. Namun, Find My Device hanya bekerja untuk versi Android 2.3 atau versi lebih baru.

Pengguna cukup masuk layanan Find My Device dengan menggunakan akun Google, yang terhubung pada perangkat melalui komputer, kemudian pilih perangkat pengguna dari daftar perangkat yang terkait dengan akun pengguna.

Pilih opsi Lock dan setelah pengguna mengunci ponsel dengan kode baru, kode tersebut akan menimpa kode lama yang dilupakan. Setelahnya, buka ponsel dengan kode baru tersebut.

2. Smart Lock

Ponsel dengan versi sistem operasi Android terbaru memiliki fitur keamanan yang lebih ketat daripada versi lama.

Cara membuka HP yang lupa kata sandi ini bisa membuka HP Android versi 5.0 ke atas yang berada dalam kondisi lupa pola, dengan menggunakan fitur Smart Lock.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, misalnya saat sedang terhubung dengan jaringan internet WiFi di rumah.

Kemudian, kamu akan diberikan lima opsi yang dapat digunakan untuk membuka ponsel kamu yang terkunci tanpa kata sandi.

Salah satu opsinya adalah menggunakan Face Recognition (pengenalan wajah) atau Voice Match (pengenalan suara).

Sayangnya, kamu hanya bisa menggunakan fitur ini dalam kondisi ponsel masih bisa dibuka dan harus diaktifkan terlebih dahulu.

Selain itu, Smart Lock tidak bisa mengubah pengaturan kata sandi atau pola tanpa memasukkan kata sandi saat ini.

Sehingga, mungkin kamu masih perlu melakukan reset, dan sebaiknya cadangkan terlebih dahulu data-data ponsel kamu sebelum melakukannya.

3. Find My Mobile

Jika cara membuka HP yang lupa kata sandi di atas tidak berhasil dan kebetulan kamu menggunakan perangkat Samsung, kamu bisa mencoba layanan yang serupa dengan Android Device Manager khusus dari Samsung yakni Find My Mobile.

Layanan resmi buatan Samsung ini merupakan alternatif cara membuka HP Samsung yang terkunci password paling mudah dan aman.

Berikut adalah cara membuka HP yang lupa kata sandi lewat Find My Mobile yang bisa kamu coba ikuti:

- Kunjungi situs Find My Mobile (https://www.findmymobile.samsung.com/) dari aplikasi browser, atau download aplikasinya di bawah.

- Login menggunakan akun Samsung milikmu atau buat akun baru jika belum punya.

- Klik tombol ‘Lock my screen’ di panel sebelah kiri.

- Masukkan PIN baru dan klik tombol Lock.

- Dalam satu atau dua menit, sandi lockscreen harusnya sudah berhasil diubah ke PIN baru yang kamu masukkan dan gunakan untuk membuka kunci perangkat.

4. Factory Reset

Jika kamu tidak bisa membuka website menggunakan perangkat lain. Kamu bisa mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Namun, risikonya, kamu akan kehilangan data-data yang tersimpan di memori internal. Oleh karena itu, sebaiknya pindahkan dulu data kamu ke komputer.

Jika sudah, ikuti cara membuka HP yang lupa kata sandi dengan factory reset berikut.

- Matikan HP kemudian tekan tombol power + volume up+ home secara bersamaan atau volume up + power

- Pilih ‘Wipe Factory Reset’ menggunakan tombol volume kemudian tombol power untuk mengklik

- Pilih ‘reboot sistem now’

- Tunggu hingga proses selesai. HP kamu akan kembali ke pengaturan pabrik

5. Safe Mode

Cara membuka sandi HP yang lupa lainnya bisa dilakukan juga dengan mengaktifkan fitur safe mode. Tapi, kamu hanya bisa menggunakan fitur ini jika menggunakan lock screen dari pihak ketiga, bukan bawaan HP.

Sebab, ketika masuk safe mode, aplikasi pihak ketiga tak akan berfungsi. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur safe mode untuk membuka HP yang lupa sandi.

- Untuk masuk safe mode, tekan tombol power beberapa saat hingga muncul opsi power off.

- Setelah itu, pilih dan tahan opsi power off.

- Kemudian, akan muncul opsi ‘reboot ke safe mode’. Pilih Ok.

- Ketika sudah masuk di safe mode, kamu bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart lagi HP kamu. Dengan begitu, kamu bisa masuk perangkat tanpa harus memasukkan kata sandi lagi.

6. Gunakan Akun Google

Bagi pengguna Android 4.4 atau versi lebih baru, kamu dapat menggunakan cara membuka kata sandi yang lupa lain untuk membuka ponsel jika melupakan PIN atau kode pola.

Pertama, coba masukan pola atau PIN sebanyak lima kali. Setelah upaya kelima dan semuanya salah, pengguna akan terkunci tetapi opsi di bagian bawah layar akan muncul dengan tulisan "Lupa Pola".

Klik tulisan tersebut dan masuk ke Akun Google. Setelah diautentikasi dengan Akun Google, pengguna akan dapat memilih PIN baru, pola, kunci, atau yang lainnya dan membuka kunci perangkat.

7. Hapus Pola di Android Debug Bridge (ADB)

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Android Debug Bridge (ADB) untuk salah satu cara membuka HP yang lupa pola.

Namun untuk bisa melakukan cara ini, kamu memerlukan komputer atau laptop yang tersambung dengan koneksi internet.

Nah, cara ini terbilang cukup ampuh untuk membuka pola semua HP Android seperti Samsung yang lupa pola dan tentunya tanpa melakukan reset.

Tapi perlu dicatat bahwa menggunakan ADB hanya bisa dilakukan jika kamu sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan sudah menghubungan ponsel dengan komputer lewat ADB.

Jika kamu tertarik untuk mencoba cara membuka HP yang lupa pola ini, simak panduannya di bawah ini:

- Unduh terlebih dahulu ADB Driver Installer di komputer atau laptop

- Setelah melakukan proses install, hubungkan HP ke laptop dengan kabel data USB hingga terdeteksi

- Kemudian, buka CMD sebagai admin (Run as administrator) kemudian ketik perintah ‘adb shell rm data/system/gesture.key’ di kotak perintah untuk menghapus pola pengunci ponsel

- Tunggu beberapa saat, lalu ketik ‘adb reboot’ dan tekan Enter

- Ponsel akan mengalami restart otomatis (atau bisa kamu restart sendiri secara manual) dan sudah tidak akan terkunci lagi.

Nah, demikianlah informasi seputar cara membuka HP yang lupa kata sandi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #tips    #hp    #lupa password    #kata sandi    #pattern    #pola    #lupa pola   

Baca Juga