Ilustrasi karpet mobil (Foto: iStockphoto/Aleksandr Kondratov)

Simak! Begini Cara Memilih Karpet Mobil Agar Aman dari Kecelakaan

Sondang | Otomotif | 29-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Setiap mobil biasanya dilengkapi dengan karpet yang terletak di bawah kaki. Gunanya tak lain adalah untuk menjaga kebersihan ruang kabin, khususnya ruang kaki.

Namun, pemilihan karpet yang tidak sesuai nyatanya berpotensi menyebabkan kecelakaan. Tak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan dari salah memilih karpet. Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah pedal gas menyangkut.

Beberapa produk karpet mobil dapat mengganjal di bawah pedal gas dan membuat putaran mesin tidak terkontrol. Ada juga karpet yang justru kerap berpindah letaknya karena tidak merekat baik di dasar kabin.

Nah, untuk menghindari hal itu, berikut Parboaboa kasih tips memilih karpet mobil agar aman dari kecelakan. Simak hingga tuntas ya!

1. Jangan asal beli karpet mobil

Dalam pembelian karpet mobil, Anda harus mempertimbangkan aspek keamanan berkendara. Yang paling sering terjadi dan sangat berbahaya adalah karpet mobil tambahan justru membuat pedal-pedal mobil tidak dapat bergerak bebas sesuai peruntukannya.

Umumnya, hal ini terjadi karena karpet mobil terlalu tebal atau jenis universal untuk semua model mobil, sehingga tidak sesuai dengan desain pedal-pedal mobil.

Akibatnya, ketika pedal gas atau rem diinjak malah terjerat karpet mobil. Itu jelas sangat berbahaya karena mobil bisa berhenti mendadak kalau pedal rem tersangkut.

Bahaya jauh lebih besar adalah ketika pedal gas tersangkut, karena dapat membuat putaran mesin tertahan di rpm tinggi, yang berakibat mobil tidak dapat dikendalikan sehingga memicu kecelakaan.

2. Lakukan pemesanan custom

Untuk mengurangi resiko kecelakaan, Anda disarankan untuk melakukan pengukuran sendiri alias custom karpet mobil sesuai dengan desain dan ukuran kabin supaya lebih presisi. Meski relatif mahal, namun cara ini lebih baik daripada menimbulkan cedera.

Andaikan tetap mau membeli aksesori karpet mobil, cek apakah produknya dibuat khusus untuk mobil kita. Jangan paksakan membeli karpet untuk kendaraan yang berbeda, atau jenis universal mengingat ada risiko desainnya tidak sesuai kebutuhan mobil.

Perhatian lebih pada bagian pedal-pedal di sisi pengemudi. Pastikan ketebalan dan desain karpet mobil tidak mengganggu pergerakan pedal-pedal.

Memang karpet tebal memberikan rasa lebih nyaman dan berkelas, namun risiko tersangkut pedal juga besar. Selain itu, pastikan karpet dilengkapi pengunci atau perekat yang kuat agar karpet tidak bergerak saat kendaraan berjalan lantaran berpotensi terkena pedal-pedal.

Tag : #mobil    #kabin    #otomotif    #tips    #karpet mobil    #keamanan berkendara   

Baca Juga