Cara Menambah Berat Badan (dok. www.nestlehealthscience.co.id)

5 Cara Menambah Berat Badan 10 kg Dalam 1 Minggu Tanpa Rasa Sakit

Regina | Kesehatan | 02-06-2022

PARBOABOA – Ukuran berat badan seseorang pastilah bervariasi. Ada yang kurus, normal, dan juga gemuk, atau bahkan gendut ya. Ukuran berat badan secara tidak langsung dapat mempengaruhi rasa percaya diri, lho. Demi mendapatkan kepercayaan diri yang sempurna, beberapa orang harus bekerja keras untuk mendapatkan ukuran ideal badannya.

Adapun cara untuk mengukur berat badan ideal seperti berikut,

  • Pria = [tinggi badan – 100] – [(tinggi badan – 100) x 10 persen]
  • Wanita = [tinggi badan – 100] – [(tinggi badan – 100) x 15 persen]

Dengan contoh, jikalau kamu pria dengan ukuran tinggi badan 175, cara menghitungnya adalah : 

(175-100) - ((175-100) x 10%)

=75-7,5

= 67.5.

Jadi ukuran idel berat badan kamu adalah 67.5 kilogram.

Di satu sisi, beberapa orang terlahir dengan keadaan berat badan yang tidak ideal. Orang-orang ini seringkali mendapat julukan 'ceking'. Sebagian dari mereka cukup percaya diri ketika mendapat sebutan tersebut, sementara yang lainnya menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk mendapatkan cara menambah berat badan idealnya.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan berat badan ideal di saat tubuh kamu terlalu kurus adalah menambah berat badan.

Untuk yang belum tau, berikut cara menambah berat badan 10kg dalam 1 minggu.

1. Double Food

Pengertian double food di sini adalah kamu harus menambah jumlah porsi makan kamu dalam sehari. Terlihat gampang bukan, ternyata kegiatan ini cukup berat loh. Hal ini merupakan cara menambah berat badan di mana kita harus menambah 500 kalori perharinya dari jumlah porsi kalori yang kita konsumsi setiap hari selama seminggu.

Jikalau tubuh kamu dapat mencerna zat baik dalam makanan, maka kamu akan mendapatkan 1 pon extra setiap harinya dengan melakukan double food rutin setiap hari.

2. Konsumsi Kalori Lebih Banyak

Dengan mengkonsumsi kalori yang berlebih selama seminggu itu dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk kamu yang ingin menambah berat badan dengan cepat. Penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi 300-500 kalori perhari bisa meningkatkan jumlah berat badan.

Di sini, anda harus bisa mendapatkan sekiranya 1000 kalori untuk pertumbuhan berat badan anda agar stabil dan sesuai dengan tujuan awal.

Adapun beberapa makanan yang dapat membantu anda dalam mendapatkan kalori lebih seperti nasi, daging merah, susu, buah-buahan hitam, cokelat kering, telur, ikan salmon, keju, kacang-kacangan, dan lainnya.

3. Makan Teratur

2 tips menambah berat badan di atas tak akan terjadi dengan sempurna kalau kalian tidak menjaga pola makan kalian. Makan dengan teratur dengan menggunakan konsep double food atau juga mengkonsumsi kalori berlebih akan mempercepat proses penggemukan badan kamu.

Hal yang harus diperhatikan adalah jadwal makan untuk menambah berat badan. Jikalau jadwal makan berantakan, maka akan berpengaruh juga dengan proses yang  sudah lakukan untuk mendapatkan tubuh ideal kamu.

4. Minum Suplemen dan Susu Untuk Menambah Berat Badan

Untuk kamu yang sudah menjaga pola makan serta melakukan konsep double food dalam menjalani diet, sepertinya kamu harus mengkonsumsi suplemen atau susu untuk menambah berat badan. Kedua produk ini dapat membantu kamu untuk menggemukkan badan serta memdapatkan rasa percaya diri kamu.

Banyak perusahaan yang menciptakan produk suplemen atau susu untuk menambah berat badan yang direkomendasikan untuk kamu. Biasanya susu atau suplemen diminum saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Adapun manfaat yang bisa kalian rasakan seperti kasein memproduksi lebih banyak respon anabolis yang diinginkan jikalau kalian mengkonsumsinya sebelum tidur. Jikalau di pagi hari, sintesis protein dari susu atau suplemen juga lebih baik dan akan membantu massa tidur.

5. Olahraga

Olahraga adalah hal yang penting bagi kalian yang susah untuk menaikkan berat badan kalian. Ternyata tidak selamanya olahraga digunakan untuk membakar kalori. Untuk kalian yang ingin berat badannya nambah, kalian bisa melakukan beberapa jenis work out seperti berenang, angkat beban, push up, sit up, dan squat.

Walaupun kebanyakan metode olahraga ini digunakan untuk menurunkan berat badan, olahraga tersebut bisa kalian lakukan untuk membentuk tubuh kalian serta juga menyehatkan jantung.

Nah, sekian rangkuman tentang cara menambah berat badan 10kg dalam seminggu, semoga artikel ini membantu.

Tag : #berat badan    #olahraga    #kesehatan    #kalori   

Baca Juga