Ilustrasi (dok Halodoc)

Cara Mencegah Anemia Yang Mudah Dilakukan

Rini | Kesehatan | 21-01-2022

PARBOABOA - Anemia atau yang lebih dikenal dengan kekurangan darah adalah kondisi yang terjadi saat sel darah merah dalam tubuh berada di bawah normal. Kekurangan darah ini menyebabkan sejumlah gangguan dalam tubuh, karena seperti diketahui darah merah berperan penting untuk tubuh, seperti untuk mensuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

Penderita anemia akan mengalami sejumlah gejala seperti pusing, cepat lelah, dan terlihat pucat. Penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali, namun wanita yang sedang menstruasi lebih sering mengalami anemia.

Sebelum anemia menjadi cukup parah dan mengganggu keseharian secara berkelanjutan, ada sejumlah langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

Berikut ini cara mencegah anemia dikutip dari berbagai sumber:

1. Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Kekurangan darah dapat terjadi karena tubuh kekurangan Zat Besi. Dalam tubuh Zat Besi berperan sangat penting dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin adalah zat yang memberi warna merah dan memungkinkan sel darah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Adapun makanan dengan kandungan Zat Besi yang tinggi seperti beras merah, daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin B12

Langkah selanjutnya untuk mencegah anemia adalah dengan memenuhi kebutuhan Vitamin B12 dalam tubuh. Vitamin B12 dalam tubuh juga berperan dalam pembentukan hemoglobin. Makanan tinggi vitamin B12 di antaranya, hati, ikan, kerang laut, susu, telur, sereal, dan biji-bijian.

3. Konsusmi Asam Folat

Zat makanan selanjutnya yang dapat membantu pencegahan anemia adalah asam folat. Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, produksi sel darah merah akan berkurang dan meningkatkan risiko terjadinya anemia.

Asam folat dapat ditemukan pada makanan seperti Buah melon, pisang, alpukuat, dan lemon, kacang-kacangan, Sereal, ikan, dan telur.

4. Kurangi Kafein

Kopi, teh, cokelat, soda adalah beberapa asupan yang banyak mengandung kafein. Minuman dan makanan tersebut dapat membuat tubuh lebih sulit menyerap zat besi. Sehingga penderita anemia perlu mengurangi konsumsi produk-produk yang mengandung kafein.

5. Mengkonsumsi Suplemen Penambah Darah

Selain dengan makanan, anemia akibat kekurangan zat besi juga dapat dicegah dengan mengonsumsi suplemen zat besi secara rutin.

Itu dia beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia. Jika kondisi anemia yang dialami sudah cukup parah, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

Tag : #gaya hidup sehat    #anemia    #kesehatan   

Baca Juga