Ilustrasi penderita gigi berlubang (Foto: Tanyapepsodent)

Punya Keluhan Gigi Berlubang? Begini Cara Mengatasinya Secara Medis

Dimas | Kesehatan | 16-09-2022

PARBOBOA – Gigi berlubang memang menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhakan oleh sebagian besar masyarakat. Pasalnya, masalah yang satu ini bisa memicu atau menyebabkan sakit gigi yang tidak tertahankan.

Bahkan menurut Mayo Clinic, gigi berlubang juga bisa mengakibatkan infeksi hingga kehilangan gigi. Masalah yang satu ini bisa dialami oleh siapa saja, dan fase awal kemunculannya juga sering tidak memunculkan gejala apapun.

Gejala Gigi Berlubang

Perlu Kamu ketahui, ada beberapa gejala gigi berlubang menurut Mayo Clinic yang wajib kamu ketahui. Diantaranya:

  • Sakit gigi yang tiba-tiba tanpa ada penyebab tertentu
  • Gigi sensitif
  • Rasa ngilu ketika makan atau minum sesuatu yang manis, panas, atau dingin
  • Tampak lubang pada gigi
  • Terdapat noda berwarna coklat, hitam, atau putih pada permukaan gigi
  • Rasa sakit ketika menggigit atau mengunyah

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Gigi berlubang ternyata tidak bisa disembuhkan sendiri di rumah dan perlu bantuan medis untuk mengatasinya. Mengutip dari MedlinePlus, mengatasi gigi berlubang yang biasa dilakukan oleh para dokter gigi, umumnya bergantung pada tingkat keparahannya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi gigi berlubang secara medis yang umum dilakukan oleh para dokter gigi:

1. Perawatan Saluran Akar

Masalah gigi berlubang yang sudah merusak atau menyebabkan infeksi hingga ke bagian dalam atau pulpa gigi, maka perawatan saluran akar adalah solusi yang paling tepat.

Pengobatan ini akan melibatkan pembersihan pulpa gigi yang rusak dan bagian akar gigi. Kemudian, selanjutnya akan dilakukan penambalan sementara dan dilanjutkan dengan penambalan secara permanen.

2. Pengobatan Fluoride

Menurut Oral Health Foundation, fluoride merupakan mineral alami yang ditemukan di dalam makanan dan minuman. Fluoride berfungsi untuk memperkuat lapisan terluar gigi yang disebut enamel sehingga tidak mudah berlubang.

Gigi berlubang yang masih berada dalam tahap awal akan diobati dengan fluoride sehingga tidak bertambah parah. Fluoride ini kemudian akan membantu enamel untuk memperbaiki lubang yang muncul.

3. Menambal Gigi

Lubang yang sudah terlihat pada gigi akan diobati dengan cara menambal lubang tersebut. Cleveland Clinic menjelaskan bahwa dokter gigi biasanya akan melubangi jaringan gigi yang rusak dan mengisinya.

Tambalan gigi ini bisa terbuat dari amalgam perak, resin komposit atau emas.

4. Mencabut Gigi

Ketika kondisi gigi berlubang sudah sangat parah dan kerusakan pada pulpa gigi tidak bisa disembuhkan, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencabut gigi.

Biasanya, dokter gigi akan merekomendasikan pemasangan dental bridge atau implan untuk menggantikan gigi yang dicabut.

Beberapa cara di atas merupakan langkah-langkah yang paling umum dilakukan oleh para dokter gigi untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Jika Kamu merasakan gejala-gejala dari gigi berlubang, sebaiknya periksakan ke dokter agar kondisi tersebut tidak semakin parah. Semoga bermanfaat!

Tag : #gigi berlubang    #sakit gigi    #kesehatan    #dokter gigi    #fluoride   

Baca Juga