Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi (foto: istockphoto)

6 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi, Para Ibu Wajib Tahu!

Regina | Kesehatan | 23-09-2022

PARBOABOA – Pasti para ibu sangat khawatir bukan, jikalah terjadi sesuatu yang mengganggu kesehatan si bayi. Pilek menjadi salah satu hal yang normal terjadi pada bayi, namun terlihat cukup menggangu aktivitas bayi tersebut.

Timbulnya pilek bisa saja disebabkan oleh imun tubuh yang baru terbentuk agar dirinya kebal akan penyakit. Dengan proses sistem kekebalan tubuh yang terjadi, membuat bayi jadi lebih rentan terhadap infeksi virus.

Ada banyak sekali virus yang bisa hadir dan dapat menyebabkan pilek pada si kecil. Namun itu bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Berikut cara mengatasi pilek pada bayi yang bisa para ibu lakukan, simak yuk!

1. Perbanyak Istirahat

Salah satu cara mengatasi pilek pada bayi adalah dengan memastikan ia dapat tidur dengan nyenyak untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Dengan tubuh si bayi yang kurang istirahat hanya akan membuat imut tubuhnya melemah dan ia juga akan mudah untuk terserang penyakit. Maka dari itu, usahakan si kecil tidak melakukan banyak aktivitas untuk mengatasi pilek yang sedang di alami.

2. Berikan Cairan yang Cukup

Memberikan cairan pada bayi agar tidak mengalami dehidrasi menjadi salah satu obat pilek bayi, lho. Air Susu Ibu (ASI) menjadi pilihan yang sangat direkomendasi untuk diberikan kepada bayi. ASI memiliki perlindungan ekstra yang dapat menghalau kuman penyebab pilek pada si kecil.

Walaupun kadang akan menolak, tapi usahakan bayi tetap mengonsumsi cairan seperti biasanya.Susui sesering mungkin untuk membuatnya kebutuhan cairan di dalam tubuhnya terpenuhi.

3. Pakai Obat Sempro Hidung

Obat semprot atau saline juga berfungsi untuk mengurangi ingus bayi saat sedang pilek. Lendir yang ada akibat pilek membuat bayi kesusahan untuk bernapas. Maka dari itu, obat semprot hidung menjadi salah satu cara mengatasi pilek pada bayi.

Para ibu cukup membaringkan bayi, kemudian semprotkan sebanyak 2-3 kali. Setelah itu lendir akan keluar bersamaan dengan bersin atau batuk.

4. Sedot Ingus

Hidung bayi pada saat sedang pilek pastinya akan penuh lendir dan akan sangat mengganggu. Maka dari itu, ada baiknya sedot ingus bayi untuk mengurangi lendir. Beberapa cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan alat penyedot ingus atau bulb syringe.

Selain untuk mengurangi lendir pada hidung, alat ini juga digunakan ketika ingus tidak keluar setelah digunakan obat semprot. Dengan menggunakan alat yang satu ini, bayi akan lebih mudah dalam bernapas.

Namun, ada baiknya untuk menggunakan alat ini pada bayi yang berumur di bawah 6 bulan ya. Adapun cara menggunakannya adalah tekan bulb syringe untuk mengeluarkan udara. Kemudian masukkan ujung bulb syringe sekitar 1/4 hingga 1/2 inci ke dalam lubang hidung bayi, mengarah ke bagian belakang dan samping hidung.

Setelah itu, lepaskan bulb syringe, tahan di tempat sambil menyedot lendir dari hidung bayi. Kemudian lepaskan dari hidung bayi dan kosongkan isinya dengan cara meremas bulb syringe cepat sambil terus menahan ujungnya ke bawah.

5. Perhatikan Posisi Tidur Si Kecil

Posisi tidur juga dapat mempengaruhi pilek pada bayi. Ada baiknya para ibu mengatur posisi kepala anak lebih tinggi dari pada tubuhnya agar bayi dapat lebih nyaman saat bernapas. Selain itu, lendir juga tidak akan menggumpal pada hidung.

6. Berikan Obat Tradisional

Selain ke-lima cara di atas, ada beberapa obat tradisional pilek pada bayi yang bisa diberikan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bawang dengan cara menghirup uapnya.

Uap dari rempah yang satu ini mengandung senyawa eteris yang berfungsi sebagai dekongestan yang dapat membuat ingus lebih encer. Selain itu, kunyi juga dapat menjadi obat tradisional pilek yang dapat diaplikasikan pada bayi.

Adapun caranya seperti campur sedikit kunyit dan air hangat agar menciptakan pasta yang halus, kemudian oleskan pada area dada, dahi dan telapak bayi. Lalu, cuci bersih setelah beberapa saat.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi pilek pada bayi yang dapat parboaboa rangkum dari berbagai sumber, semoga artikel ini membantu.

 

 

Tag : #cara mengatasi pilek    #bayi    #kesehatan    #obat tradisional    #alat sedot ingus   

Baca Juga