Ilustrasi Perut Buncit (Dok. Klikdokter)

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Olivia | Kesehatan | 20-04-2022

PARBOABOA – Perut yang buncit selalu menjadi masalah untuk beberapa orang terutama kaum wanita, karena akan mempengaruhi penampilan. Namun, tahukah kamu perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi akan sangat berpengaruh kepada kesehatan tubuh.

Penyebab perut buncit adalah adanya penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak-lemak tersebut dibagi menjadi dua jenis, yakni lemak viseral dan lemak subkutan.

Lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh yang tak terlihat dan sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di area perut. Sedangkan, lemak subkutan merupakan lemak yang persis berada dibawah kulit sehingga terlihat dan dapat dicubit.

Penyebab lain dari perut yang membuncit, yakni:

1.    Hormon seks
2.    Pertambahan usia
3.    Stres
4.    Jarang berolahraga
5.    Kurang tidur
6.    Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol
7.    Menopause
8.    Posisi tubuh ketika berdiri maupun duduk yang salah
9.    Terdapat bakteri di usus
10.    Genetik

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Perut buncit bisa dialami siapa saja, termasuk orang kurus. Kebanyakan orang yang memiliki perut buncit mengonsumsi obat-obatan,suplemen ataupun jamu pelangsing sebagai alternatif mengecilkan perut. Namun cara tersebut dianggap kurang efisien jika tidak disertai olahraga secara teratur.

Untuk mendapatkan perut yang ramping tanpa bergantung kepada obat-obatan, kamu bisa mengikuti kesepuluh cara mengecilkan perut buncit secara alami berikut ini.

1. Jangan Melewatkan Jam Sarapan

Yang dimaksud jangan melewatkan jam sarapan adalah mengatur pola makan, bukan berarti membuatnya menjadi berantakan. Kunci utama cara mengecilkan perut yakni tetap sarapan sesuai jamnya.

Hal ini dilakukan, karena sarapan dapat membantu tubuh mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan. Akan tetapi, ketika sarapan disarankan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

2.  Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, namun tidak semua jenis karbohidrat baik bagi tubuh. Seperti kebanyakan mengonsumsi olahan makanan yang banyak mengandung gula, dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Jika kamu sedang menjalankan program diet, kamu bisa mengganti karbohidrat yang biasa menjadi karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi makanan dengan serat yang tinggi. Makanan yang banyak mengandung serat dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

4. Rutin Minum Air putih

Tanpa kita sadari, air putih sangat ampuh menurunkan berat badan termasuk mengecili perut. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minum setengah liter air dalam kurun waktu 30 menit sebelum makan dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Air putih juga membantu meringankan sembelit dan juga perut kembung. Serta dapat meningkatkan total pengeluaran energi hingga 100 kalori per hari.

5. Hindari Stres

Kamu tahu tidak, stres juga menjadi salah satu pemicu munculnya perut buncit. Seseorang yang mengalami kondisi ini disebabkan oleh naiknya hormon kortiso yang membuat si penderita terus menerus makan dengan porsi lebih banyak dibandingkan ketika tidak stress.

Cara mengecilkan perut buncit secara alami bagi penderita stress berat dapat melakukan meditasi, relaksasi, atau bercerita ke orang terdekat agar perasaan lebih lega.

6. Jangan Makan Secara Terburu-buru

Otak manusia membutuhkan waktu untuk memproses informasi ketika kita sudah cukup makan. Jika makan secara terburu-buru, maka kamu akan merasa bahwa dirimu masih belum kenyang.

Cobalah makan atau mengunyah makananmu secara perlahan, agar menurunkan asupan makanan bagi tubuh. Hal ini juga bertujuan untuk membuat porsi makan lebih sedikit.

7. Istirahat yang Cukup

Normalnya, orang dewasa membutuhkan 8 jam untuk tidur (beristirahat). Namun hal tersebut sering diabaikan.

Istirahat yang cukup member efek kuat dalam menurunkan berat badan dan juga nafsu makan. Karena jika kurang tidur, dapat menganggu hormon pengatur nafsu makan seperti leptin dan ghrelin.

8. Kurangi Konsumsi Makanan Bersodium Tinggi

Cara mengecilkan perut buncit berikutnya yakni dengan mengurangi konsumsi makanan dengan kadar sodium tinggi.

Makanan dengan rasa asin dan gurih memang dirasa nikmat, akan tetapi kandungan garam pada makanan tersebut justru mengikat atau menahan air didalam tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan kenaikan berat badan secara signifikan.

9. Berpuasa

Melakukan puasa ternyata dianggap efektif dalam proses pengecilan perut buncit. Ketika kita menahan rasa lapar selama 16 jam dalam kurun waktu dua sampai enam bulan, mampu menghilangkan lemak pada perut sebanyak 7%.

10. Olahraga Secara Teratur

Cara mengecilkan perut buncit secara alami yang terakhir adalah dengan rutin berolahraga. Cara ini menjadi salah satu penunjang agar kalori didalam tubuh terbakar lebih cepat.

Cukup dengan melakukan olahraga yang sederhana selama 30 menit dalam sehari dapat mengurangi lemak viseral yang menumpuk pada organ tubuh. Olahraga yang bisa kamu lakukan, seperti berjalan, jogging ataupun sit-up.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam merancang pola makan, cobalah berkonsultasi dengan ahli gizi, agar mendapat menu makanan yang sesuai dengan kondisimu saat ini. Dan bisa mendapatkan bentuk perut yang diimpikan.

Demikianlah kesepuluh cara mengecilkan perut buncit secara alami yang bisa langsung dipraktikkan. Nantikan rekomendasi-rekomendasi lainnya yang di rangkum Parboaboa untuk kamu.

Tag : #cara mengecilkan perut    #perut buncit    #kesehatan    #berpuasa    #obesitas    #penyebab perut buncit   

Baca Juga