parboaboa

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Kathleen | Kesehatan | 10-02-2023

Ilustrasi luka di kaki (Foto: Pixabay/CarrieCaptured)

PARBOABOA - Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling aktif dan rentan mengalami luka karena aktivitas sehari-hari. Jika kaki terluka, biasanya akan menimbulkan bekas sebagai bagian dari proses peyembuhan diri oleh tubuh.

Ketika terjadi luka, tubuh akan membangun jaringan untuk memperbaiki kulit yang rusak dan menutup area terbuka yang muncul akibat luka. Bekas luka yang mencolok pada kulit kaki tentunya dapat menggangu penampilan Anda.

Namun, masalah tersebut dapat diatasi sejak dini dengan memperhatikan perawatan luka yang baru saja muncul agar bekasnya dapat diminimalkan atau bahkan menghilang.

Untuk itu, Parboaboa sudah merangkum berbagai cara menghilangkan bekas luka di kaki agar penampilanmu lebih terlihat maksimal. Simak ulasannya berikut ini!

Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam di Kaki

Bekas luka yang menghitam pada kaki dapat mengganggu penampilan sehingga menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Untuk menghilangkan bekas luka ini, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti kunyit, lidah buaya, mentimun, minyak essensial, jeruk nipis, madu, teh hijau, dan cuka apel.

Haluskan bahan di atas terlebih dahulu, lalu oleskan ke area luka.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Akibat Gatal

Cara menghilangkan bekas luka ini dapat dilakukan dengan teknik exfoliating. Pengelupasan bekas luka dapat membantu menghilangkan bekas dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk melakukannya, gunakan pembersih eksfoliasi.

Setelah terjadi pengelupasan, keringkan area luka dan oleskan pelembab. Cara ini dapat kamu lakukan setiap tiga hari sekali dan usahakan area luka pada kaki tidak kotor agar tidak terjadi infeksi.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan di Kaki

Untuk menghilangkan bekas luka yang sudah bertahun-tahun memang cukup sulit. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan menggunakan sabun yang mengandung pencerah seperti glutathione, vitamin C, alpha arbutin, dan kojic acid.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab setelah mandi. Pelembab yang dimaksud juga tentunya yang mengandung pencerah seperti yang telah disebutkan di sebelumnya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan scrubbing menggunakan lulur dan jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya pada area bekas luka saat siang hari atau di luar ruangan.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Cepat

Jika bekas luka terlihat parah dan ingin cepat dihilangkan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit atau kecantikan. Beberapa pilihan tindakan perawatan yang dapat diberikan meliputi:

  • Terapi laser. Perawatan ini menggunakan sinar yang terfokus untuk menghilangkan kulit yang rusak.
  • Suntikan kortikosteroid. Suntikan ini ditempatkan langsung ke bekas luka untuk memperkecil ukurannya.
  • Operasi luka. Perawatan bedah biasanya digunakan sebagai pilihan terakhir.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar di Kaki

Jenis luka bakar yang ringan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, luka bakar yang merusak jaringan kulit cukup dalam dapat meninggalkan bekas luka. Jika tak segera diatasi, luka bakar pada kulit akan semakin sulit untuk hilang.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka bakar:

  • Mengoleskan gel penghilang bekas luka berbasis gel silicon yang mengandung formulasi CPX technology dan vitamin C.
  • Melindungi bekas luka bakar dari paparan sinar matahari langsung dengan mengoleskan sunscreen SPF 30. Lindungi luka dengan pakaian Anda untuk meminimalkan paparan sinar matahari.
  • Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan lidah buaya juga telah dilakukan oleh para medis selama ribuan tahun lalu. Gel atau getah yang terkandung dalam lidah buaya dapat menghilangkan rasa sakit, bengkak, dan membantu mempercepat proses penyembuhan secara keseluruhan akibat luka bakar.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki. Namun jika kondisinya sudah cukup parah, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan treatment yang lebih sempurna.

Editor: Juni Sinaga

Tag: #bekas luka    #keloid    #kesehatan    #kulit sehat   

BACA JUGA

BERITA TERBARU