cara mencegah osteoporosis (dok. istockphoto.com)

Cara Menghindari Osteoporosis pada Tulang Manusia

Regina | Kesehatan | 10-06-2022

PARBOABOA - Kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga di dalam setiap tubuh manusia. Dalam beraktivitas, semua orang memerlukan tenaga untuk tetap bisa menjalani kesehariannya sehari-hari.

Seperti contoh kesehatan tulang. Tulang merupakan salah satu hal penting dalam tubuh manusia, karena ia berguna untuk menjadi penopang manusia agar dapat tegak dan juga membantu manusia dapat bergerak.

Ternyata tak hanya sampai di situ lho, tulang dapat membantu manusia dalam menyimpan lemak dan ikut andil dalam produksi sel darah di tubuh manusia.

Kalian harus bisa menjaga kesehatan tulang kamu karena akan sangat repot pastinya jikalau ada penyakit terjadi pada tulang kamu.

Seperti contoh osteoporosis. Sudahkah kalian tau cukup dalam mengenai penyakit tulang yang satu ini? jikalau belum, berikut rangkumannya.

Pengertian

Osteoporosis bisa dikatakan dengan pengapuran tulang yang mana mulai mengalami pengeroposan secara berkala. Jikalau kalian pernah melihat sarang lebah dengan beberapa lubang di dalamnya, seperti itulah contoh tulang normal yang harus dimiliki manusia.

Tapi jikalau tulang kalian mempunyai lubang yang lebih besar dari biasanya, itu ciri ciri osteoporosis yang terjadi pada tulang kalian.

Ciri Ciri Osteoporosis

Untuk gejala yang dialami penderita tidak hanya tentang bentuk lubang yang semakin besar, melainkan seperti,

-Penyusutan gusi. Jikalau rahang kehilangan massa tulang, maka gusi akan mengalami penyusutan yang bisa jadi semakin lama akan beresiko rahang akan terlepas.

-Pelemahan kekuatan genggaman. Kekuatan pada genggaman tangan sering kali menjadi isu tentang kesehatan tulang. Hal itu karena adanya penelitian yang meriset  tentang genggaman tangan yang semakin melemah akan mempengaruhi adanya resiko pada patah tulang.

-Kuku rapuh. Kenapa kuku bisa disangkut pautkan menjadi ciri ciri osteoporosis?  Hal itu dikarenakan kuku memiliki komposisi yang sama dengan tulang. Bagian dari kuku biasanya terbentuk dari kalsium yang mana jikalau tulang kita mendapatkan asupan kalsium yang kurang, maka itu akan terjadi pada kuku kita.

-Postur tubuh membungkuk. Semakin bertambahnya usia, kepadatan tulang juga akan menurun.  Hal tersebut bisa terjadi karena tubuh kurang vitamin D dan juga akan mempengaruhi tegaknya tulang belakang pada tubuh manusia, maka dari itu bisa menyebabkan kebungkukan pada badan manusia.  Dengan begitu, secara tidak langsung kalian juga bisa terkena skoliosis jikalau dibiarkan semakin lama.

-Nyeri punggung tiba-tiba. Jikalau penderita osteoporosis biasanya akan menimbukan rasa nyeri pada tulang belakang yang juga. Rasa sakit ini akan muncul biasanya pada saat kalian baru bangun tidur atau juga bangkit dari duduk.

Penyebab

Biasanya osteoporosis disebabkan oleh faktor usia, konsumsi obat-obatan mengandung kortikosteroid dalam jangka lama, kurang asupan kalsium, kurangnya paparan sinar matahari yang kurang dari 30 menit sehari, merokok atau gaya hidup yang tidak sehat, serta haid yang tidak teratur.

Jadi, ada baiknya kalian harus memperhatikan keseharian kalian yang dari apa yang kalian kosumsi agar kita terhindar dari ostoeoporosis.

Cara mencegah osteoporosis

Pertanyaan yan sering keluar adalah bagaimana usaha yang bisa kita lakukan agar terhindar dari osteoporosis? Kalian bisa melihat beberapa contoh penyebab dari penyakit ini terjadi, maka dari itu kalian bisa memperhatikan pola hidup kalian.

Berikut adalah beberapa contoh cara mencegah osteoporosis terjadi pada tulang anda,

1. Rutin berolahraga. Dengan berolahraga kali bisa merawat dan menjaga kepadatan tulang anda. Tulang anda akan semakin sehat jikalau sudah dilakukan rutin sejak kecil.

2. Kebutuhan Kalsium Terpenuh. Kita bisa terhindar dari osteoporosis jikalau kita bisa memenuhi kebutuhan kalsium dalam diri kita. Tak hanya tulang kita yang akan sehat, tetapi peredaran darah kita akan semakin lancar.

3. Vitamin D. Osteoporosis dapat kita hindari dengan mengonsumsi vitamin D yang dapat diperoleh dari berbagai olahan makanan, seperti susu, kuning telur, minyak hati ikan Kod, jus jeruk dan lain-lain.

4. Hidup dengan Pola Sehat. Hidup sehat dapat di bentuk dengan mengatur kebiasaan kita seperti mengurangi untuk minum alkohol dan mengisap rokok, serta minuman bersoda, karena itu memicu pelepasan kalsium pada tubuh.

Nah, sekian rangkuman tentang gejala dan cara mencegah osteoporosis yang bisa parboaboa rangkum, semoga artikel ini bermanfaat.

                                                                                   

Tag : #osteoporosis    #penyakit tulang    #kesehatan    #kerangka manusia   

Baca Juga