Ilustrasi Cara Merawat Kuku (Dok. Pardoski)

Ketahui 6 cara Merawat Kuku Ini Untuk Mendapatkan Jemari Yang Cantik

Mei | Kesehatan | 16-06-2022

PARBOABOA - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang juga memerlukan sebuah perawatan agar tetap sehat, bersih, dan tidak gampang patah.

Memiliki kuku yang sehat dan juga bersih ternyata juga dapat memberikan kesan jemari yang tampak indah dan juga lebih terawat.

Merawat kuku memang sangat penting untuk dilakukan, mengingat kuku panjang merupakan salah satu bagian tubuh yang gampang sekali untuk ditumbuhi oleh kuman.

Pada dasarnya, perawatan kuku tidak hanya dapat dilakukan melalui salon saja, melainkan di rumah sendiri pun kalian bisa melakukan perawatan kuku agar cara memanjangkan kuku ini dapat berjalan dengan cepat.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk merawat kuku agar cepat panjang.

1. Memotong kuku secara teratur

Cara merawat kuku yang pertama adalah dengan memotong kuku secara teratur. Hal ini sebenarnya bertujuan untuk memperkecil resiko kuku yang mudah patah.

Rutin memotong kuku juga akan menjadikannya menjadi lebih kuat dan dapat menghindarkan tubuh dari penyakit yang mungkin saja terjadi.

Ketika kalian hendak memotong kuku, dianjurkan bagi kamu untuk menggosok secara lembut bagian ujung kuku terlebih dahulu agar tidak membuat kulit terluka saat bersentuhan.

2. Pastikan kuku selalu dalam keadaan bersih dan kering

Cara merawat kuku agar bagus yang berikutnya adalah dengan memastikan kuku selalu dalam keadaan yang bersih dan juga kering.

Ketika kalian selesai  melakukan sebuah kegiatan dan memutuskan untuk mencuci tangan, maka tangan akan basah.

Nah, ketika tangan dalam keadaan basah, kalian harus mematikan bahwa kuku ini dalam keadaan yang bersih, kemudian keringkan menggunakan kain bersih atau tissue untuk menghindari terjadinya pertumbuhan bakteri.

Tidak hanya itu, ketika kalian sedang mencuci piring, maka kalian harus memastikan bahwa kalian sudah menggunakan sebuah sarung tangan yang terbuat dari sebuah karet yntuk mencegah kuku terkena zat kimia yang dikandung dalam sabun yang kalian gunakan.

3. Oleskan pelembap pada kutikula

Cara merawat kuku agar cepat panjang yang berikutnya adalah dengan rutin mengoleskan sebuah pelembab pada kutila kuku.

Namun dalam penggunaannya, kalian tidak boleh menggunakan secara berlebihan ya, melainkan cukup digunakan dengan secukupnya saja.

Dianjurkan untuk kalian agar menghindari mendorong atau mengupas kutitula, karena dapat merusak dan membuat kuku terinfeksi bakteri atau jamur.

4. Hindari terlalu sering menggunakan cat kuku

Cara merawat kuku yang berikutnya adalah dengan menghindari terlalu sering menggunakan sebuah cat kuku yang berlebihan.

Pada dasarnya, cat kuku merupakan sebuah cara yang dapat membuat kuku tampak lebih cantik dan berwarna.

Akan tetapi, penggunaan cat kuku kyang terlalu sering dan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat membuat kulit menjadi rapuh dan gampang sekali patah.

Hal ini disebabkan karena biasanya cat kuku mengandung beberapa kandungan yang dapat merusak kuku jika di pakai secara terus menerus.

Untuk itu, setidaknya berikan jeda waktu setidaknya seminggu sebelum Anda menggunakan kembali cat kuku.

Cara merawat kuku agar cepat panjang yang berikutnya adalah dengan menghindari menggunakan sebuah cairan pembersih kuku yang ternyata dapat membuat area kutila mengalami kekeringan.

5. Pilihlah salon kuku yang tepat

Cara merawat kuku yang berikutnya adalah dengan memilih salon kuku yang tidak abal-abal dan juga sudah berlisensi.

Penting bagi kalian untuk melakukan ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada kuku karena ulah dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

6. Konsumsi suplemen biotin

Cara merawat kuku agar bagus adalah yang berikutnya adalah dengan rutin mengkonsumsi suplemen biotin yang dapat membantu membuat kulit menjadi kuat dan tidak gampang patah.

Pada dasarnya, biotin merupakan sebuah vitamin B yang mampu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu fungsi sistem saraf tubuh.

Tidak hanya mengkonsumsi suplemen, ternyata zat biotin ini banyak ditemukan pada beberapa bahan makanan, seperti ikan sarden, telur matang, dan kacang-kacangan.

Mengkonsumsi air dengan asupan yang cukup ternyata juga dapat membantu membuat kuku tampak lebih sehat dan juga lembab.

Nahm, apabila kalian mendapati sebuah tanda kuku yang terinfeksi oleh jamur, maka kalian dapat memanfaatkan bahan alami saja, seperti mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa.

Tag : #kuku sehat    #kuku    #kesehatan    #salon.pedimedi   

Baca Juga