Ilustrasi Seorang pasien sedang memeriksakan tekanan darahnya (Foto: iStock)

Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Rendah, Tidak Harus dengan Minum Obat

Sari | Kesehatan | 23-09-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Mengalami kondisi tekanan darah rendah akan membuat seseorang menjadi pusing dan lemas. Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi persoalan tersebut, agar dapat membantu kembali beraktivitas seperti biasa.

Selain dengan mengonsumsi obat tertentu, ada beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah yang bisa dilakukan. Bisa dengan lewat makanan yang dijaga, beristirahat, dan memperbaiki posisi duduk. Secara lengkap, Parboaboa telah menghimpun dari beberapa sumber cara mengatasi darah rendah. Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Darah Rendah Tanpa Obat

Darah rendah atau hipotensi ditandai dengan tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Ada beberapa gejala yang muncul jika seseorang mengalaminya. Namun, beberapa orang mungkin memiliki gejala tekanan darah rendah hanya ketika saat ia berdiri atau istilah lainnya hipotensi ortostatik.

Pada beberapa kasus yang lebih ekstrim, tekanan darah rendah dapat menyebabkan syok. Seseorang yang mengalami gejala syok, harus membutuhkan perhatian medis dengan segera. Berikut gejala syok:

  • Napas cepat,
  • Kulit lembap,
  • Kebingungan,
  • Detak jantung cepat,
  • Nadi lemah.

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu beberapa masalah yang lebih kronis seperti gagal ginjal dan serangan jantung.

Melansir alodokter, berikut beberapa cara alami untuk mengatasi tekanan darah rendah yang bisa Anda lakukan, berikut diantaranya:

1. Perhatikan Posisi Tubuh

Meskipun terbilang sederhana, posisi tubuh dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Bila seseorang sering mengalami pusing, lemas, pandangan kabur saat mendadak merubah posisi tubuh, maka cobalah untuk merubah posisi tubuh secara perlahan.

Sebagai contoh, saat posisi sedang tidur, sebelum benar-benar beranjak dari tempat tidur, cobalah baringkan diri selama beberapa menit terlebih dahulu dan kemudian duduk perlahan. Jika dirasa tidak muncul gejala apapun, barulah berdiri.

2. Gunakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi biasanya digunakan untuk mencegah darah terkumpul pada pembuluh darah vena yang ada di kaki. Namun, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi risiko munculnya keluhan akibat tekanan darah rendah.

3. Konsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Gula

Mengurangi keluhan yang ditimbulkan akibat dari tekanan darah rendah, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, khususnya gula dalam bentuk yang telah diproses, seperti gula jagung.

4. Silangkan Kaki Sambil Duduk

Menyilangkan kaki sembari duduk seperti duduk bersila, terbukti dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Cara ini terbukti efektif untuk dilakukan bagi mereka penderita tekanan darah rendah.

5. Konsumsi Susu Almond

Mengonsumsi susu almond juga menjadi salah satu cara mengatasi tekanan darah rendah tanpa obat. Asupan ini membantu mencegah penurunan tekanan darah. Anda tak perlu khawatir, sebab susu almond tak mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

Saat mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, cobalah 5 cara tersebut. Namun, jika kondisi itu tidak membantu Anda mengatasi tekanan darah rendah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan medis.

Tag : #tekanan darah rendah    #hipotensi    #kesehatan    #gejala darah rendah    #obat darah rendah   

Baca Juga