Ilustrasi seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh (dok:tribunnews.com)

Berikut Cara mudah Menurunkan Kolesterol Usai Lebaran

Dimas | Kesehatan | 06-05-2022

PARBOABOA, Jakarta - Hidangan atau menu saat lebaran memang sangat identik dengan makanan bersantan dan tinggi lemak, seperti rendang dan opor. Untuk itu, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan-makanan tersebut saat momen lebaran tiba.

Namun begitu, Anda harus membatasi atau mengontrol konsumsi makanan tersebut. Sebab, makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperti menu lebaran ternyata menjadi pemicu naiknya tingkat kolesterol dalam tubuh. Seperti yang diketahui, apabila kadar kolesterol dalam tubuh mengalami kenaikan, hal itu dapat meningkatkan potensi atau resiko Anda terkena penyakit jantung atau stroke.

Lantas bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol usai lebaran? Berikut cara mudah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Menerapkan pola makan sehat

Beberapa perubahan pola makan dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung, di antaranya:

- Mengurangi konsumsi lemak jenuh

Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Adapun sumber makanan tinggi lemak jenuh, antara lain daging merah dan produk susu full-fat.

- Makan makanan tinggi asam lemak omega-3

Konsumsi makanan tinggi asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kadar kolesterol jahat. Namun, makanan tersebut punya manfaat lainnya, termasuk menurunkan tekanan darah. Beberapa sumber asam lemak omega-3 di antaranya ikan salmon, mackerel, kenari, dan biji rami.

- Meningkatkan konsumsi sumber serat larut

Serat larut (soluble fiber) dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel, dan pir.

- Makan sayur dan buah

Makan buah-buahan dan sayuran adalah cara sederhana untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Buah-buahan dan sayuran juga tinggi akan antioksidan, yang mencegah kolesterol LDL beroksidasi dan membentuk plak di arteri.

2. Minum Teh Hijau

Sebuah ulasan dari 14 studi menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau setiap hari selama setidaknya dua minggu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Teh hijau dinilai mampu menurunkan kolesterol dengan mengurangi produksi LDL hati dan meningkatkan pengeluarannya dari aliran darah.

Untuk itu, Anda dianjurkan untuk minum teh hijau setidaknya empat cangkir per hari guna memberikan perlindungan terbesar terhadap penyakit jantung.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin dan teratur dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda bisa membuat jadwal olahraga setidaknya lima kali dalam seminggu dengan waktu 30 menit atau aktivitas aerobik berat tiga kali dalam seminggu dengan waktu 20 menit.

4. Berhenti Merokok

Berhenti merokok dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan cukup signifikan, di antaranya:

- Dalam 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung akan pulih dari lonjakan yang disebabkan karena aktivitas merokok.

- Dalam tiga bulan setelah berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru akan mulai membaik.

- Dalam setahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung akan berkurang hingga setengahnya.

Itulah seputar informasi mengenai cara mudah menurunkan kloesterol dalam tubuh usai lebaran. Semoga bermanfaat!

Tag : #lebaran    #kolesterol    #kesehatan    #penyakit jantung    #stroke    #makanan berlemak   

Baca Juga