Presiden Jokowi saat mengumumkan penggratisan vaksinasi dosis ketiga (dok Tangkapan layar akun YouTube Sekretariat Presiden)

Gratis Untuk Semua Masyarakat, Cek Persyaratan Penerima vaksin Booster yang Akan Dimulai Besok

Rini | Kesehatan | 11-01-2022

PARBOABOA, Jakarta - Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster akan dilaksanakan mulai besok Rabu (12/1). Masyarakat tidak perlu khawatir, karena untuk pelaksanaannya penyuntikan vaksin dosis ketiga ini akan dilakukan secara gratis kepada seluruh masyarakat.

Penggratisan ini diputuskan oleh Presiden Jokowi, karena menurutnya keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama, disaat virus Covid-19 terus bermutasi dan kemungkinan menghasilkan varian yang lebih ganas dari sebelumnya.

"Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi. Untuk itu, saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," ujar Jokowi, melalui konferensi pers virtual, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022).

Adapun prioritas sasaran vaksinasi booster ini adalah lansia dan kelompok rentan. Namun untuk vaksin dosis ketiga ini ditetapkan syarat yaitu masyarakat telah menerima suntikan dosis kedua setidaknya 6 bulan sebelumnya.

Jokowi mengingatkan masyarakat jika telah divaksin dosis ketiga tidak menjadi alasan masyarakat menjadi lengah dalam menjalankan protokol kesehatan. Karena keduanya harus berjalan berbarengan agar pandemi dapat segera berakhir.

“Meskipun sudah divaksin saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, karena vaksinasi dengan disiplin prokes merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19,” ujar Jokowi.

Adapun jenis vaksin yang akan digunakan sebagai booster ada 5 jenis yaitu CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Tag : #covid19    #vaksinasi    #vaksin booster    #kesehatan   

Baca Juga