Gangguan kecemasan (Dok: medcom.id)

Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan

Rahma | Kesehatan | 18-05-2022

PARBOABOA - Gangguan kecemasan atau disebut juga dalam istilah kedokteran sebagai Generalized anxiety disorder (GAD) adalah gangguan kecemasan yang pada umumnya ditandai dengan perasaan cemas, khawatir, atau takut secara berlebihan dan berlangsung lama (lebih dari 6 bulan).

Lalu bagaimana ciri-ciri dari kecemasan yang dialami si penderita? Apakah sama dengan kecemasan pada umumnya?

Berikut akan kita bahas tuntas mengenai ciri-ciri dan cara mengatasi gangguan kecemasan. Simak pembahasan berikut ini ya!

Ciri-Ciri Dari Kecemasan

Rasa cemas memang normal terjadi pada manusia, dan rasa cemas ini muncul bisa disebabkan karena beberapa faktor.

Bisa karena sedang berada di tempat atau situasi baru, atau bahkan karena sedang mengkhawatirkan seseorang.

Ciri khas dari kecemasan biasanya ditandai dengan rasa gugup, takut , perasaan tidak nyaman, dan rasa gelisah.

Namun bila orang tersebut sudah mengidap penyakit gangguan kecemasan, maka keadaan di atas tidak berlangsung secara normal.

Mereka bisa saja merasakan jantung yang berdebar-debar kencang atau bahkan merasakan nyeri dada. Kondisi ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu, dan bagi penderita yang sudah parah, perasaan ini bisa timbul tanpa sebab.

Ciri-ciri dari kecemasan yang biasanya akan dirasakan si penderita antara lain susah tidur di malam hari. Selain itu si penderita akan mengalami sulit berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Terkadang walaupun rutinitas yang dilakukan si penderita tidak begitu berat, tapi ia akan merasa sangat lelah dan lemas.

Ciri-ciri dari kecemasan berikutnya adalah ia sering merasakan dada berdebar-debar tanpa sebab yang normal, dan kadang sampai membuatnya berkeringat dingin.

Lebih parahnya, terkadang ciri-ciri dari kecemasan berikut terjadi tanpa sebab-sebab yang jelas atau hanya disebabkan masalah-masalah yang kecil saja.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan

Jika kamu mengalami ciri-ciri dari kecemasan yang telah di sebutkan diatas, maka kamu harus mengetahui cara mengatasi rasa cemas tersebut.

Namun akan lebih baik lagi, bila kamu langsung mengetahui cara menghilangkan kecemasan tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami akan membagikan informasi mengenai cara mengatasi gangguan kecemasan.

1. Meditasi

Cara mengatasi kecemasan yang pertama adalah dengan melakukan kegiatan meditasi. Jika kamu rutin melakukan kegiatan ini, maka perasaanmu akan jauh lebih tenang.

Terdapat beberapa macam gaya meditasi, salah satunya yang paling populer adalah senam yoga. Di saat kamu selesai melakukan meditasi, maka seluruh pikiran dan tubuhmu akan terasa lebih rileks dan tenang.

2. Relaksasi

Cara menghilangkan kecemasan berikutnya yang dapat kamu coba adalah melakukan relaksasi. Banyak orang berfikir, bahwa relaksasi dan meditasi itu sama, padahal nyatanya tidak loh!

Kegiatan meditasi dapat dilakukan dengan berbagai posisi tertentu, salah satunya yang paling umum adalah duduk.

Sedangkan kegiatan relaksasi adalah aktivitas yang kamu sukai, ini juga dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang.

Contoh kegiatan relaksasi adalah mendengarkan musik, menulis ataupun benyanyi. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan relaksasi dengan bersantai sambil menghirup aromaterapi.

Aromaterapi ini dapat menenangkan dan membantu meredakan stres, serta juga dapat mengurangi kecemasan berlebihan yang kamu rasakan.

3. Mengonsumsi Teh Herbal

Selain menghirup wangi dari aromaterapi, cara mengatasi gangguan kecemasan yang dapat kamu coba lainnya adalah dengan mengonsumsi teh herbal.

Menurut penelitian yang ada, terdapat beberapa jenis minuman herbal yang dapat digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan kecemasan, yakni mulai dari teh hijau, teh kunyit, dan teh jahe.

4. Sering Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Pada saat rasa cemas melanda, kamu dapat berbagi cerita dengan orang lain yang berada di sekitar kamu. Hal ini dapat kamu jadikan sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan.

Karena faktanya, sebagian besar penderita selalu merasa bahwa orang lain tidak peduli dengannya, hingga ia akan cenderung menjauhkan diri dari orang lain.

Padahal mengungkapkan hal yang dicemasi pada orang yang dipercaya, mampu membuat perasaan menjadi lebih tenang, atau bahkan bisa saja mendapatkan solusi dari mereka.

5. Berusaha Berfikir Positif

Sebenarnya, cara mengatasi gangguan kecemasan yang sebelumnya telah kita jelaskan, tidak akan berpengaruh jika kamu masih sering berfikiran negatif.

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara menghilangkan kecemasan, hal yang paling utama adalah harus selalu berusaha untuk berfikir positif dan berusaha tenang dalam menghadapi setiap masalah.

Pikiran negatif biasanya terjadi, karena ketika orang tersebut mengalami masalah, ia akan langsung membayangkan hasil dan skenario terburuk. Padahal sebenarnya, hal tersebut belum tentu akan terjadi.

Nah, demikianlah informasi seputar cara mengatasi gangguan kecemasan. Apabila ciri-ciri dari kecemasan diatas sering kamu alami, maka kamu dapat mencoba cara yang telah kami anjurkan.

Jika kamu mengalami gejala yang semakin parah, sangat disarankan untuk segera konsultasi langsung ke dokter yang menangani penyakit ini,.

 

Tag : # Gangguan kecemasan    #gangguan mental    #kesehatan    #psikolog    #masalah kesehatan    #penyakit   

Baca Juga