Bermain ponsel sebelum tidur berdampak bagi kesehatan.

Jangan Biasakan Main Ponsel Sebelum Tidur, Ini Dampaknya

rini | Kesehatan | 27-09-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Telepon genggam bisa jadi benda pertama yang dicari dan hal terakhir yang dicari sebagian orang sebelum dan sesudah bangun tidur.

Apabila kamu memiliki kebiasaan main handphone sebelum tidur, sebaiknya segera hentikan sekarang juga. Karena penggunaan ponsel ketika akan tidur ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini Parboaboa rangkum beberapa dampak buruk penggunaan ponsel sebelum tidur bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kualitas Tidur

Cahaya biru dari ponsel memengaruhi produksi melatonin, yakni salah satu hormon yang membantu seseorang tidur dan mengatur siklus tidur.

Bermain ponsel sebelum tidur secara teratur di malam hari dapat menyebabkan durasi tidur berkurang karena pikiran masih aktif hingga beberapa saat sebelum terlelap. Saat durasi tidur terganggu tentu hal ini akan berpengaruh pada segala aktivitas yang akan dilakukan esok harinya.

2. Risiko Depresi

Menatap layar ponsel ketika seharusnya sudah tidur bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental. Kita menjadi rentan terhadap depresi. Di samping itu, tingkat energi yang rendah di siang hari, ditambah kesulitan untuk berpikir karena kurang tidur, juga memicu rasa lemah emosional dan mental.

3. Kesehatan Mata Menurun

Menatap layar ponsel terlalu lama, terlebih pada kondisi cahaya yang redup bisa berdampak negatif pada mata. Salah satunya adalah menegangnya bagian retina mata karena paparan cahaya biru ponsel yang berlebihan.

4. Meningkatkan Risiko Kanker

Ponsel dapat menjadi penyebab kanker bagi manusia karena memancarkan radiasi elektromagnetik yang telah dikaitkan dengan jenis kanker tertentu. Paparan cahaya biru berkepanjangan dan pengaruhnya pada siklus tidur telah terbukti meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

5. Otak Menjadi Lebih Lelah

Berinteraksi dengan ponsel cukup lama sebelum tidur akan membuat jam tidur malam kamu menjadi berkurang. Tentu saja, otak yang seharusnya sudah beristirahat terpaksa masih harus menjalankan tugasnya selama kamu terjaga dan bermain ponsel.

Akibatnya, otak mengalami kelelahan, terlebih jika kamu menjalani aktivitas yang padat dan menguras tenaga keesokan harinya. Sudah pasti, kamu kesulitan berkonsentrasi dan sering mengalami sakit kepala.

Jadi mulai sekarang, kurangi penggunaan ponsel sebelum tidur, agar terhindar dari dampak buruk yang telah disebutkan di atas.

Tag : #kesehatan    #main ponsel sebelum tidur    #dampak buruk    #mempengaruhi kesehatan   

Baca Juga