Diet Tak Mahal, Cukup Dengan Air Rebusan Penurun Berat Badan

Ilustrasi seseorang menikmati air rebusan herbal untuk membantu menurunkan berat badan. (Foto: PARBOABOA/Fika)

PARBOABOA – Melakukan diet ketat dan mengonsumsi obat pelangsing sering dilakukan dalam rangka menurunkan berat badan.

Padahal, ada berbagai cara yang lebih mudah dan sehat untuk dilakukan ketika hendak menurunkan berat badan. Misalnya beberapa cara alami dan sehat yang bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan.

Seperti beberapa macam air rebusan yang mengandung banyak rempah dan bisa dikonsumsi untuk proses penurunan berat badan.

Dilansir dari NDTV, Kamis (30/05/2024), bertambahnya berat badan bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti kurang olahraga, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat sampai terlalu banyak tidur.

Salah satu solusi efektif untuk membantu menurunkan berat badan adalah air rebusan rempah alami.

Pada dasarnya, beberapa rempah dari Indonesia seperti kunyit dan jahe bisa membantu mengurangi lemak serta melancarkan pencernaan.

Walau begitu, tetap saja penting untuk memilah bahan alami yang rendah kalori dan gula untuk proses peracikannya.

Beberapa air rebusan rempah seperti kunyit dan jahe. Dua rempah ini bisa membantu proses penurunan berat badan. Pasalnya, kunyit mengandung kurkumin sedangkan jahe bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Kedua ramuan rempah ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta membantu mengurangi rasa lapar.

Selain itu ada juga teh hijau ditambah lemon yang dikenal karena kandungan antioksidannya yang baik untuk tubuh. Teh hijau yang dicampur dengan perasan air lemon dapat membantu mengurangi kadar lemak di dalam tubuh secara alami.

Ada juga air rebusan kayu manis dan madu. Racikan kayu manis dan madu memiliki khasiat anti-inflamasi dan antibiotik yang membantu membersihkan tubuh dari racun. Kombinasi ini diyakini mampu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Salah satu air rebusan yang dipercaya mampu membantu penurunan berat badan adalah bawang putih. Bawang putih ternyata bukan hanya sebagai bumbu dapur. Namun, bawang putih juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Rebusan air bawang putih dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta membakar cadangan lemak dalam tubuh.

Selain bawang putih, kayu manis yang biasanya dijadikan bumbu dapur ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Air rebusan kayu manis telah terbukti secara efektif mengatasi obesitas serta membantu meningkatkan kualitas pencernaan.

Jika ingin mengonsumsi air rebusan kayu manis, bisa juga menambah rasanya dengan perasan lemon untuk memberi rasa segar.

Cuka apel yang dilarutkan dalam air hangat bisa menjadi penolong pertama dalam menurunkan berat badan. Kandungan asam asetat dalam cuka apel membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Mengonsumsi cuka apel ini sebaiknya dilakukan sebelum sarapan ketika perut kosong.

Jika mengenal daun jati Belanda, air rebusannya mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi penyerapan lemak di dalam tubuh.

Air rebusan daun jati Belanda ini ternyata juga bisa  membantu meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan.

Meskipun beberapa air rebusan di atas dipastikan bisa membantu proses penurunan berat badan. Namun, harus diingat bahwa air rebusan rempah herbal ini tidak sepenuhnya efektif bila tidak diiringi dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS