Ilustrasi

Gak Perlu Jauh-jauh, Ini 5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online

Wanovy | Teknologi | 18-12-2021

Konsultasi kesehatan secara online mulai menjadi tren gaya hidup kaum urban saat awal munculnya pandemik Covid-19 tahun lalu. Ini terjadi ditengah kekhawatiran akan penyebaran virus yang lebih tinggi di rumah sakit.

Selain dilengkapi dengan fitur yang memudahkan konsultasi dengan dokter, platform konsultasi kesehatan juga memiliki kemudahan dalam sistem pembayaran cashless, serta tersedianya klaim asuransi secara digital.

Tak hanya pasien Covid-19, berbagai keluhan juga bisa dilakukan warganet untuk berkonsultasi di aplikasi kesehatan.

Berikut ini 5 aplikasi untuk konsultasi kesehatan secara online yang bisa Anda unduh di perangkat Anda:

1. Halodoc

Aplikasi ini merupakan platform yang memberikan layanan konsultasi kesehatan secara virtual. Halodoc mengklaim platform-nya memiliki layanan kesehatan digital terlengkap di Indonesia.

Beberapa fitur disematkan dalam platform ini seperti live chat dengan dokter, membeli produk kesehatan dan dapat terhubung dengan asuransi yang digunakan pasien.

2. Alodokter

Aplikasi konsultasi kesehatan yang berikutnya adalah Alodokter, aplikasi ini menyediakan fitur berupa chat dengan dokter, mulai dari dokter umum, kandungan, anak, penyakit dalam, psikiater, THT, saraf, mata, gigi, paru, hingga bedah plastik.

Alodokter juga menyediakan medical appointment untuk konsultasi langsung dan swab test Covid-19 berdasarkan lokasi terdekat Anda. Alodokter juga menyediakan beragam jenis proteksi untuk kesehatan Anda, dengan klaim yang bisa dilakukan melalui gadget Anda.

Selain itu untuk memudahkan pembelian dan pengantaran obat-obatan, Alodokter juga bekerjasama dengan layanan logistic, Anteraja.

Untuk metode pembayaran, Alodokter menyediakan metode pembayaran melalui dompet digital Gopay, atau transfer melalui virtual account dari Bank Permata, BCA, Mandiri, atau BNI.

3. KlikDokter

Aplikasi besutan Medika Komunika Teknologi ini merupakan aplikasi telemedicine yang beroperasi 24 jam.

Pihaknnya menyebut memiliki tim medis yang berkompetensi, serta menjunjung tinggi etika profesi kedokteran Republik Indonesia.

Lewat aplikasi ini pasien bisa melakukan live chat dokter online kapanpun dalam 24 jam. Selain itu pihaknya juga menyediakan beragam artikel kesehatan dan info lain yang terkait pelayanan medis.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pasien Covid-19 gratis, pemerintah juga akan memfasilitasi pasien agar dapat berkonsultasi dan mendapatkan obat lewat aplikasi secara gratis.

4. Get Well

Aplikasi yang diluncurkan oleh BayWest Wellness Inc ini merupakan platform telemedicine yang dapat berkonsultasi dengan dokter, terkait keluhan medis pasien.

Platform Get Well menghubungkan pengguna dengan dokter profesional untuk konsultasi video, audio, atau teks melalui telepon pintar. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna unutk konsultasi online dokter spesialis penyakit dalam.

Aplikasi dapat diunduh di Google Playstore dan App Store, dan menjadi salah satu di antar 11 aplikasi yang bekerja sama dengan pemerintah, untuk memberikan layanan medis jarak jauh.

5. Good Doctor

Good Doctor merupakan aplikasi layanan kesehatan yang diklaim dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dengan mudah.

Aplikasi ini juga menyediakan situs tanya jawab dokter online sehingga nantinya masyarakat nantinya bisa berkonsultasi degan dokter, menerima rekomendasi obat dengan gratis.

Aplikasi ini diklaim dapat memberikan konsultasi kesehatan online 24 jam. Good Doctor juga dapat memangkas durasi yang biasanya banyak terbuang, saat pasien harus pergi ke pusat kesehatan.

Terlebih saat ini beberapa layanan kesehatan banyak didatangi pasien dengan gejala yang cukup berat. Platform besutan Good Doctor Tech ini dapat diunduh di toko aplikasi Google Playstore dan AppStore.

Tag : #aplikasi    #konsultasi kesehatan online    #live chat dokter online    #dokter online   

Baca Juga