Ilustrasi

Gampang Banget, Begini Cara Video Call WhatsApp di Desktop

Wanovy | Teknologi | 12-12-2021

Aplikasi perpesanan instan WhatsApp menjadi salah satu aplikasi popular yang sudah umum digunakan penguna smartphone. Satu dari sekian banyak pengguna smartphone pasti sudah terpasang aplikasi WhatsApp di HP.

Seperti diketahui, sekitar Februari 2021 lalu, WhatsApp resmi meluncurkan fitur WhatsApp voice call dan video call untuk aplikasi WhatsApp versi desktop (PC laptop atau desktop).

Untuk diketahui, WhatsApp versi desktop berbeda dengan WhatsApp web. WhatsApp versi dekstop adalah aplikasi tersendiri yang harus diinstall di PC.

Sementara WhatsApp web adalah aplikasi WhatsApp yang dibuka menggunakan browser PC, seperti Chrome, Firefox, dsb. WhatsApp versi desktop bisa diunduh di situs resmi WhatsApp, dan mendukung dua sistem operasi PC populer, yakni Windows dan MacOS.

Dengan fitur WhatsApp voice call dan WhatsApp video call di aplikasi WhatsApp desktop, maka pengguna tidak perlu lagi membuka smartphone untuk melakukan panggilan WhatsApp, misal saat sedang bekerja menggunakan laptop.

Cara Melakukan Panggilan Suara (Voice Call) WhatsApp Desktop

Sebelum melakukan panggilan suara WhatsApp, pastikan Anda telah meng-install WhatsApp di desktop PC atau laptop. Apabila sudah ter-install, maka pastikan aplikasi WhatsApp telah ter-update ke versi terbarunya. Cek juga apakah mikrofon dan audio bawaan perangkat Anda berfungsi dengan normal.

1. Jika Anda belum memiliki aplikasi WhatsApp, cukup klik tautan berikut untuk menginstal WhatsApp desktop Windows dan MacOS.

2. Jalankan aplikasi WhatsApp di PC/laptop.

3. Pilih kontak pengguna yang akan dijadikan lawan bicara.

4. Klik ikon “Call (Telepon)”.

Cara Melakukan Panggilan Video (Video Call) WhatsApp Desktop

1. Lakukan pengecekan webcam, audio, dan mikrofon bawaan di komputer atau laptop Anda, dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

2. Jalankan aplikasi WhatsApp di PC/laptop.

3. Pilih kontak pengguna yang ingin diajak berkomunikasi.

4. Klik ikon “Record Video”.

Meskipun WhatsApp kini sudah dapat melakukan panggilan telepon maupun video call di laptop, namun panggilan tersebut belum dapat dilakukan secara berkelompok (group call).

Fitur ini beroperasi sama seperti di aplikasi WhatsApp mobile, jadi panggilan juga sudah terenskripsi end-to-end, untuk menjamin keamanan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #whatsapp    #tips    #whatsapp desktop    #voice call    #video call   

Baca Juga