Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru Erupsi, Para Warga Diminta Evakuasi

Martha | Nasional | 04-12-2021

PARBOABOA, Jawa Timur - Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur meletus, pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 14.49 WIB.

Akibat peristiwa itu, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya informasi getaran banjir pada pukul 14.47 WIB. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Untuk sementara ada awan panas guguran (APG) yang sudah mencapai di Curah Kobokan. Semua potensi kita dikerahkan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi melalui sambungan telepon.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Andiani mengatakan, jarak luncur awan panas guguran itu mencapai hingga 11 kilometer mengarah ke Curah Kobokan.

Dan terjadi juga hujan abu di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

Sementara itu, daerah di sekitar Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, gelap akibat lampu padam dan hujan.

Berdasarkan video yang tersebar, memperlihatkan sejumlah warga baik kecil maupun tua, perempuan maupun laki-laki berhamburan lari menyelamatkan diri akibat erupsi gunung semeru. Pada video lain tampak gumpalan asap membumbung tinggi dan ada video lain yang menampakkan adanya banjir lahar. Saat ini, BPBD Kabupaten Lumajang disiapkan untuk mengevakuasi warga.

Tag : #gunung semeru erupsi    #evakuasi    #gunung semeru    #awan panas guguran    

Baca Juga