Fitur presentase baterai iOS 16, foto: Tempo

iPhone Ini Tak Kebagian Fitur Untuk Menampilkan Presentase Baterai

Wanovy | Teknologi | 15-09-2022

PARBOABOA - Apple telah mengonfirmasi kalau persentase baterai itu tidak berlaku untuk semua model iPhone, meskipun telah diperbarui ke iOS 16, seperti dilansir Macrumors, Rabu (14/9/2022).

Adapun daftar iPhone yang tak kebagian fitur persentase baterai yakni iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 Mini, serta iPhone 13 Mini.

Apple pun juga tak menjelaskan kenapa jajaran iPhone tersebut tidak mendapatkan fitur persentase baterai di iOS 16.

Fitur baru ini memudahkan pengguna untuk melihat status baterai secara real time tanpa perlu lagi menggulir ke bawah menuju menu Control Center.

Sebenarnya pengguna pun bisa melihat berapa sisa baterai di iPhone. Tetapi hal itu perlu dibantu widget khusus yang saat itu tersedia di iOS 15.

Alasan fitur persentase baterai tersebut absen di keempat model iPhone di atas tidak dirincikan lebih lanjut oleh Apple. Padahal, fitur tersebut masuk dalam daftar dari fitur yang paling diinginkan oleh penggunna iPhone.

Terlepas dari hal tersebut, di tampilan iOS 16, angka persentase baterai terletak di dalam ikon baterai guna mempermudah pengguna memantau daya yang tersisa di iPhone.

Apabila ponsel mengaktifkan mode daya rendah (lower mode), baterai yang awalnya berwarna hijau akan berubah menjadi kuning.

Tampilan baterai akan berubah juga ketika pengguna mengisi daya. Ikon baterai yang berwarna hijau itu akan muncul dengan simbol listrik di sebelah kanan angka persentase.

Tampilan ini tidak diatur secara default oleh Apple. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus terlebih melalukan beberapa langkah singkat.

Ini adalah cara yang lebih nyaman untuk melihat berapa banyak baterai yang tersisa tanpa harus menggesek ke bawah dari sudut kanan atas layar Anda. Apple belum menjelaskan mengapa keempat model iPhone ini tidak bisa menunjukkan persentasenya.

Jika Anda memiliki iPhone yang mendukung tampilan persentase baterai, fitur itu dapat diaktifkan dengan menavigasi ke Pengaturan > Baterai.

IPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3), iPhone 8 atau versi lebih lama, dan semua model iPad selalu menampilkan persentase baterai di bilah status.

Cara lain untuk melihat informasi baterai adalah dengan menambahkan widget Baterai ke Home Screen (Layar Beranda) atau Today View (Tampilan Hari Ini).

Sementara itu, iOS 16 juga datang dengan banyak dengan fitur baru yang menarik. Ada pembaharuan yang besar seperti Lock Screen yang dapat disesuaikan, peningkatan ke Pesan, dan desain notifikasi yang diperbarui. iOS 16 juga membawa beberapa perubahan yang lebih kecil.

Salah satu pembaruan iOS 16 adalah kemampuannya untuk mengangkat objek dari latar belakang gambar dengan mudah. Seindah atau seburuk apapun lokasi pada foto tersebut, yang dibutuhkan hanya sang objek.

Tag : #ios16    #iphone    #gadget    #apple    #update ios    #iphone14   

Baca Juga