Jangan Sepelekan! Berikut Ini Tanda Paru-paru Sudah Tidak Sehat

Anna Aritonang | Kesehatan | 01-11-2022

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan paru-paru (Foto: Thinkstock)

PARBOABOA, Jakarta - Paru-paru merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Oleh karenanya, menjaga kesehatan paru-paru itu sangat diharuskan.

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru adalah merokok. Akibatnya, paru-paru mengalami kerusakan dan oksigen akan sulit diperoleh karena sudah tidak berfungsi dengan normal.

Dengan mengetahui tanda-tanda paru-paru sudah tidak sehat, seseorang bisa segera menerima pengobatan yang tepat sebelum masalah tersebut berubah menjadi penyakit yang lebih serius dan berbahaya.

Berikut ini lima tanda paru-paru sudah tak sehat menurut American Lung Association.

1. Napas pendek

Penyebab napas pendek adalah saluran udara yang menyempit. Dalam hal ini, napas pendek memiliki masalah kesehatan paru-paru serius seperti:

•    Asma
•    Penyakit paru-paru kronis, termasuk COPD
•    Penyakit jantung
•    Darah beku di paru-paru

2. Batuk

Batuk itu terjadi ketika ingin mengeluarkan apa yang tidak diinginkan dalam tubuh. Batuk sesekali bisa jadi karena menghirup terlalu banyak tubuh atau tubuh ingin mengeluarkan kuman.

Namun, jika batuk berlangsung lama, perlu diperhatikan. Selain karena alergi atau gastro-esophageal reflux (GERD), bisa juga disebabkan:

•    Infeksi saluran pernapasan
•    Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK)
•    Darah beku di paru-paru
•    Paru-paru yang kolaps (biasanya disertai nyeri dada dan sesak napas)
•    Gagal jantung

Bila batuk lebih dari delapan minggu, meski kering sekalipun, wajib menemui dokter.

3. Batuk produktif

Mengalami batuk produktif, seperti batuk yang mengeluarkan dahak, lendir, atau darah, wajib khawatir akan penyebabnya. Khususnya darah, harus langsung pergi ke dokter untuk mendapat penanganan.

Kalau batuknya berlendir atau berdahak, perhatikan diri. Kalau kental, kuning kehijauan, wajib ke dokter. Juga jika disertai dengan gejala lain seperti kesulitan bernapas, demam atau pembengkakan pergelangan kaki. Kemungkinan, kena di paru-paru.

4. Bengek

Mengi atau bengek merupakan suara yang dihasilkan ketika seseorang sesak napas. Biasanya, suaranya seperti sedang bersiul. Bila suara itu keluar, sudah jelas bahwa saluran pernapasan tidak bekerja seperti seharusnya.

Dengan begitu, bengek bisa menandakan paru-paru sudah tidak sehat. Beberapa penyakit pernapasan yang menyebabkan bengek bisa mudah diobati, tapi asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) juga mengalami bengek. Jadi, kalau bengek terjadi bersamaan dengan kesulitan bernapas hingga kulit membiru, segera cari perawatan darurat.

5. Sakit dada

Sakit atau nyeri dada, yang mana disebut profesional medis sebagai angina, biasanya berasal dari jantung. Namun, bukan berarti paru-paru tidak menyebabkannya.

Angina sering terjadi karena jantung tak mendapat suplai oksigen yang cukup. Jantung yang mengalami kondisi penyakit seperti arteri koroner atau mikrovaskular koroner dapat menyebabkannya, juga masalah kesehatan paru-paru seperti pembekuan darah atau infeksi.

Editor : -

Tag : #paru paru    #kesehatan paru paru    #kesehatan    #tanda paru paru sehat   

BACA JUGA