Menu makanan favorit saat hari raya Iduladha (gingsul.com)

5 Jenis Menu Makanan Favorit Khas Iduladha, Yuk Coba!

Wulan | Selera Nusantara | 11-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Saat puncak ibadah haji telah tiba, maka seluruh umat muslim di dunia akan merayakan Iduladha.

Ada banyak kebahagiaan yang tersebar saat momen Iduladha. Salah satu buktinya adalah masakan-masakan nikmat yang terbuat dari daging hewan kurban. Konon, daging hewan kurban memiliki cita rasa yang berbeda dibanding daging hewan di hari biasa.

Benarkah demikian? Ya, tentu saja. Alasannya karena banyak orang yang memasak daging hampir bersamaan dengan bumbu menggoda.

Disini, Parboaboa juga ingin memberikan kamu 5 rekomendasi menu makanan favorit khas Iduladha yang bisa kamu coba dan cicipi dirumah.

Rangkaian Menu Santapan Istimewa Khas Iduladha 2022

1. Rendang

Bisa dikatakan bahwa hidangan yang satu ini bukan hanya populer di negeri sendiri, tapi juga sudah mendunia. Kehadirannya pun tentu menjadi sangat dinanti saat Iduladha. Rendang memang menjadi salah satu makanan yang terkenal dengan kelezatannya.

Kelezatan rendang membuatnya menjadi hidangan favorit banyak orang. Bahkan menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011. Sangat membanggakan ya!

Masakan khas dari Sumatera Barat ini memang memiliki cita rasa pedas, gurih dan tentunya menggunakan santan. Dalam pengolahannya pun kamu bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Selain itu, kamu juga bisa memasaknya dalam bentuk rendang basah ataupun kering. Selamat mencoba!

2. Sate

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang sering kali kita jumpai di setiap jalan. Makanan yang memiliki ciri ditusuk ini juga tidak kalah terkenal. Apalagi saat perayaan Iduladha.

Sate merupakan hidangan olahan daging yang bisa kita temui setiap hari hampir di seluruh penjuru nusantara. Apalagi cara mengolah sate dan membuat bumbu kacangnya juga cukup sederhana dan mudah.

Dalam proses pengolahannya, kamu hanya perlu membakar daging kurban yang sebelumnya telah direndam dengan bumbu. Kemudian sajikan menggunakan saus bumbu kacang dan kecap manis.

Meskipun terbilang mudah, akan tetapi soal kelezatan hidangan daging yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Namun sebelum merasakan kelezatan makanan ini, ada baiknya kamu harus tetap pastikan membakar sate hingga matang. Tujuannya agar terhindar dari resiko penyakit toxoplasmosis.

3. Gulai

Apa sih perbedaan Gule dan Gulai? Jika selama ini kamu pikir ini mereka adalah dua makanan yang sama, maka sekarang harus tahu kebenarannya. Sebab meskipun namanya mirip, ternyata kedua makanan ini mempunyai racikan bumbu yang berbeda.

Gule merupakan nama yang lebih dikenal di masyarakat Jawa. Sedangkan Gulai berasal dari Sumatera. Sederhananya, kamu bisa menemukan gule di rumah makan Padang. Gulai merupakan menu makanan berbahan baku daging yang diolah dalam kuah dengan bumbu rempah yang bercita rasa gurih.

Ciri khas gulai adalah warna kuahnya yang kuning dan kental serta bumbunya yang diracik dari berbagai rempah. Seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, serta kayu manis.

Racikan bumbu tersebut kemudian dimasak dalam santan beserta daging yang telah kamu pilih. Daging kurban yang kamu dapatkan nanti juga bisa kamu olah menjadi menu makanan favorit khas Iduladha ini.

4. Sop Daging

Apabila kamu ingin menikmati olahan daging berkuah namun tidak bersantan, maka sop daging adalah pilihan yang cocok.

Olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening ini biasanya ditambah dengan irisan sayuran seperti kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri untuk menambah citarasanya.

Selain itu, agar jauh lebih sedap dan nikmat, maka kamu bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan kedalam sop daging tersebut. Kamu juga boleh menambahkan taburan bawang goreng ketika menyajikannya untuk lebih menggugah selera.

5. Kari Kambing

Di Aceh terdapat hidangan yang kerap disajikan saat hari raya Iduladha. Hidangan ini disebut Kuah Sie Kameng yang diartikan sebagai kari kambing oleh masyarakat Aceh. Sesuai namanya, kari ini berbahan dasar daging kambing.

Dalam proses pengolahannya, kari kambing Aceh ini dibuat dengan berbagai rempah, seperti serai, daun temarai, pekak, adas, kayu manis, kapulaga, hingga cengkeh. Selain itu, kari kambing khas Aceh ini juga kerap disajikan dengan pendamping roti canai atau martabak Aceh.

Itulah mengenai informasi yang dapat Parboaboa berikan tentang menu makanan favorit khas Iduladha yang bisa kamu coba. Menu makanan mana nih yang paling menarik perhatian kamu? Semoga apa yang sudah Parboaboa sampaikan di atas, bisa memberikan kamu sebuah inspirasi dan pengetahuan baru, ya! Terimakasih dan Selamat Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah.

Tag : #iduladha    #sajian iduladha    #selera nusantara    #rendang    #sate    #gulai    #sop daging    #kari kambing   

Baca Juga