Ilustrasi sel tumor dan kista (orami)

Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Tumor dan Kista

Dimas | Kesehatan | 26-03-2022

PARBOABOA – Tak sedikit orang yang menilai bahwa kista dan tumor adalah sama. Melihat dari bentuknya yang berupa benjolan, memang tumor dan kista terlihat hampir sama. Namun, tenyata tumor dan kista adalah hal yang berbeda.

Melansir dari Medical News Today, kista adalah kantung jaringan yang terisi oleh zat lain seperti udara atau cairan, sedangkan tumor merupakan massa jaringan padat dan mengacu pada area jaringan ekstra yang tidak biasa.

Tumor maupun kista, bisa terbentuk dimana saja pada tubuh, seperti pada kulit, tulang hingga jaringan lunak. Tumor dan kista juga bisa tumbuh bersamaan di satu organ.

Dari segi tekstur, benjolan pada kista terasa lebih lembut saat disentuh. Sebaliknya, benjolan pada tumor terasa lebih keras dan tumor cenderung tumbuh lebih cepat.

Perbedaan juga bisa dilihat dari penyebab munculnya kista dan tumor. Adapun penyebabnya, yaitu:

Penyebab Kista

Mengutip Healthline, ada banyak jenis kista, seperti kista payudara, kista epidermoid, kista hati, kista pilar, kista ginjal dan kista ovarium. Beberapa jenis disebabkan kondisi medis, seperti sindrom ovarium polikistik.

Sementara lainnya bisa terbentuk secara alami di permukaan kulit ketika sel-sel kulit yang berkembang biak tidak tumbuh seperti biasanya. Penyebab lain dari kista meliputi iritasi atau cedera pada folikel rambut, saluran tersumbat di dalam folikel rambut, degenerasi jaringan sendi ikat, atau ovulasi.

Penyebab Tumor

Tumor adalah hasil dari pertumbuhan sel yang tak normal. Biasanya, sel-sel tubuh tumbuh dan membelah membentuk sel-sel baru setiap kali tubuh membutuhkannya. Ketika sel-sel tua mati, mereka digantikan oleh yang baru. Tumor terbentuk ketika proses ini rusak.

Sel-sel tua yang rusak seharusnya mati, tapi malah bertahan hidup, dan sel-sel baru terbentuk ketika tubuh Anda tidak membutuhkannya. Maka saat sel-sel ekstra ini terus membelah, akan membentuk tumor.

Tumor ada dua macam, yakni tumor jinak (non-kanker) dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak biasanya tumbuh di satu tempat dan tidak menyebar. Sementara tumor ganas berkembang di satu area tubuh, lalu menyebar ke area lain.

Baik tumor jinak maupun ganas, keduanya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis tumor, yakni adenoma, fibroid, lipoma dan tumor ganas.

Tumor bisa tumbuh semakin besar sehingga mendorong ke dalam organ yang menyebabkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Seorang ahli bedah bisa saja mengangkat tumor besar itu. Kecuali jika tidak bisa dijangkau karena terletak sangat dekat dengan organ vital sehingga operasi pengangkatan bisa sebabkan kerusakan.

Itulah seputar informasi mengenai perbedaan kista dengan tumor.

Tag : #kista    #tumor    #kesehatan    #penyebab kista     #bentuk kista   

Baca Juga