Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan (Dok.Parboaboa)

Selain Pengganti Cairan Tubuh, Ini Khasiat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Sari | Kesehatan | 07-07-2022

PARBOABOA – Air kelapa muda menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia saat cuaca panas. Tidak hanya sekadar membantu menghilangkan rasa dahaga, tetapi air kelapa muda ini memiliki segudang manfaat.

Minuman yang sering dijajakan di tempat wisata, seperti pantai ini, ternyata sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat air kelapa muda? dan apa saja kandungannya? Berikut ini Parboaboa sudah menyiapkan informasinya untuk Anda. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Kandungan Air Kelapa Muda

Kandungan utama air kelapa muda terdiri dari elektrolit, mineral, dan vitamin. Kandungan 100 gram (gr) air kelapa memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

  • Energi: 17 Kalori (Kal)
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak : 0.1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 miligram (mg)
  • Fosfor: 8 mg
  • Besi: 0.2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 149 mg

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Berikut khasiat yang dimiliki air kelapa untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Memperlambat Penuaan

Manfaat air kelapa muda yang pertama adalah untuk kecantikan. Buat para wanita, cocok banget mengonsumsi minuman yang satu ini. kandungan sitokinin ini bisa menjadi salah satu hormon pertumbuhan, air ini bisa mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Sitokinin bisa menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, serta bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia seseorang.

2. Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol

Banyak yang belum mengetahui bahwa, air kelapa baik untuk kesehatan jantung. Minuman ini mampu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko serangan jantung, dan stroke.

3. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Minum air kelapa muda diklaim sebagai obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengatasi diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

4. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Meminum air kelapa muda berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal. Minuman ini mampu meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine. Sebuah penelitian menyebutkan, air kelapa mencegah penumpukan Kristal yang ada pada saluran kemih.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat air kelapa yang terakhir adalah menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium yang ada pada air kelapa terbukti dapat menunrukan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Bagi Anda yang memang suka meminum air kelapa muda, selain rasanya yang segar dan nikmat, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan. So, minuman yang satu ini bisa manjadi alternatif kita dalam menjaga kebugaran tubuh.

Tag : #air kelapa muda    #manfaat    #kesehatan    #kandungan air kelapa muda    #kesehatan pencernaan    #mencegah dehidrasi   

Baca Juga