Komputer Apple pertama dilelang melalui rumah lelang John Moran di California, Amerika Serikat.

Komputer Pertama Apple Dilelang, Laku Rp 5,7 Miliar

Wanovy | Teknologi | 12-11-2021

Komputer Apple-1, yang dibuat 45 tahun lalu dan masih berfungsi penuh telah terjual seharga USD 400 ribu (Rp 5,7 miliar) melalui rumah lelang John Moran di California, Amerika Serikat.

Apple-1 diluncurkan pada 1976 dan merupakan produk pertama yang dikembangkan dengan nama Apple oleh pendiri perusahaan Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Menurut Eksekutif Pelelangan RR, VP Bobby Livingston, Apple-1 bukan hanya keajaiban kecanggihan komputasi awal. "Tetapi produk yang meluncurkan apa yang saat ini merupakan salah satu perusahaan paling berharga dan sukses di dunia," kata dia seperti dikutip Daily Mail.

Komputer dilelang bersama dengan buku manual pengguna dan perangkat lunak Apple yang tersimpan di dalam dua kaset. Komputer Apple 1 yang dilelang itu disebut masih berfungsi dan merupakan barang langka karena merupakan salah satu dari 200 komputer Apple 1 yang dijual dalam bentuk kit, dengan cangkang kayu koa dari Hawaii.

Bagi fanboy dan kolektor produk Apple, komputer Apple-1 memiliki nilai sejarah yang sangat besar. Komputer berusia 45 tahun ini dirancang dan diuji coba langsung oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs bersama Patty Jobs dan Daniel Kottke di garasi rumah Jobs di Los Altos, California.

"Itu yang membuatnya sangat menarik untuk banyak orang," kata ahli Apple-1 Corey Cohen kepada Los Angeles Times, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (9/11/2021).

Model Apple-1 ini termasuk satu dari 50 unit yang dijual ke toko ByteShop di Mountain View, California. Pemilik toko, Paul Terrell, awalnya tidak senang karena unit yang ia terima tidak termasuk layar, keyboard, atau casing.

Unit yang dilelang ini disebut sebagai “Chaffey College Apple-1”, karena pemilik pertamanya merupakan dosen di Chaffey College. Pada tahun 1977, dosen itu menjual unit tersebut ke salah satu mahasiswanya agar bisa membeli Apple-2.

Mahasiswa itu membeli unit Apple-1 tersebut dengan harga USD 650, dan terus menjaganya selama empat dekade. Cohen mengatakan unit tersebut ditemukan dalam kondisi yang cukup bagus, dan telah melewati proses otentikasi, restorasi dan evaluasi yang ekstensif.

Meskipun laku dengan banderol selangit, Apple 1 yang dilelang pada 2021 tersebut bukan menjadi komputer dengan harga jual tertinggi. Sebelumnya, komputer Apple 1 yang masih berfungsi juga pernah dilelang pada tahun 2014. Kala itu, Apple 1 laku terjual senilai 905.000 dollar AS.

Tag : #apple    #komputer    #apple1    #lelang   

Baca Juga