Kucing Makan Nasi ( Dok : FaniCat)

Kucing Makan Nasi Putih, Emang Boleh ?

Jonson | Kesehatan | 21-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pemberian pakan campuran nasi dan ikan ini sudah berlangsung lama sebelum petshop menjamur di mana-mana. Biasanya sering diberikan kepada kucing lokal atau kucing liar yang mampir meminta makan. Tujuannya tak lain agar kucing semakin kenyang dan gemuk. Namun, apakah pakanan ini aman untuk kucing?  

Apakah kucing boleh makan nasi ? Kucing memang mudah dirawat dan tak repot dalam memberi makan. Pada umumnya kucing menyukai makanan yang amis seperti ikan atau daging ayam, tetapi sering terjadi pemberian makanan kucing rumahan dicampur dengan nasi.  Sebenarnya, apakah boleh kucing makanan nasi putih?

Nasi putih aman untuk dikonsumsi oleh kucing, walaupun ada beberapa pengecualian. Sebenarnya makan nasi putih bukan perilaku alami kucing, karena nasi putih tidak memberi nutrisi yang dibutuhkannya. Meskipun kucing aman makan nasi putih, kemungkinan masih ada bahaya kecil dari segi kecukupan nutrisi.

Apakah Kucing Boleh Makan Nasi

Perut kucing sangat sensitive, kucing bisa mengalami gangguan sistem pencernaan walaupun tubuhnya sehat. Makanan kucing yang tanpa biji-bijian berpengaruh pada tekstur kotoran yang cair. Di sinilah peranan nasi bagi kucing.

Nasi yang dicampur kemakanan khas hewan peliharaan bisa meningkatkan pencernaan, dalam hal membuat kotoran kucing lebih padat dan meredakan diare. Hal ini juga bisa mencegah dehidrasi, karena nasi yang empuk dan lembap mudah dicerna kucing.

Nasi yang matang tidak beracun dan tidak menimbulkan efek samping jika diberikan dalam jumlah sedang kepada kucing. Sebenarnya banyak makanan kucing yang mengandung biji-bijian seperti beras, gandum, dan jagung.

Apakah kucing boleh makan nasi? Apakah kucing kampung boleh makan nasi?

Jawabannya adalah “bisa”.

Pada Saat Kapan Nasi Berbahaya Untuk Kucing

Apakah boleh kucing makan nasi ? Kucing adalah binatang karnivora, yang artinya kebutuhan nutrisi kucing sebagian besar didapatkan dari daging. Kucing tidak memerlukan nasi putih sebagai makanan pokok, kecuali dalam kondisi mendesak bagi kucing. Kucing akan kehilangan nafsu untuk makan daging jika sudah merasa kenyang setelah makan nasi. Kemungkinan besar kucing akan kekurangan gizi jika terlalu sering makan.

Situasi Kucing Ketika Nasi Berdampak Buruk Bagi Kucing

Beras atau nasi yang belum matang sulit untuk dicerna dan akan menyebabkan perut kucing kembung dan sakit. Beras mentah masih mengandung pestisida alami yang disebut lektin yang bisa menyebabkan diare dan muntah pada kucing.

Bagi sebagian kucing yang baru mengenal nasi akan sensitif terhadap makanan baru. Kucing akan muntah atau mengalami masalah pencernaan jika tidak terbiasa dengan nasi.

Apakah Anak Kucing Boleh Makan Nasi ?

Apakah anak kucing boleh makan nasi putih? Anak kucing tidak boleh makan nasi. Ini disebabkan karena bisa berdampak negatif pada perkembangan anak kucing.  Nasi yang dicampur bumbu dan rempah seperti nasi goreng akan berpotensi menjadi racun jika diberikan kepada anak kucing.  

Makanan Kucing yang Lebih Aman Dari Nasi

Jika kamu ingin memberi makanan kucing, sebaiknya diskusikan terlebih dulu pada dokter hewan untuk mengetahui makanan mana yang aman dan sehat untuk kucing.

Makanan manusia yang diberikan ke kucing harus polos dan bebas zat aditif seperti bawang bombay,  garam, bawang putih, gula, rempah-rempah dan bahan lainnya yang mungkin beracun bagi hewan peliharaan.

Daging merupakan makanan terbaik bagi kucing. Daging yang dimaksud bisa aja Seperti  hati, daging ayam, daging sapi atau domba. Telur dan ikan yang dimasak, seperti ikan tongkol atau lele juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Sayuran dan buah-buahan seperti labu, wortel, brokoli, pisang, blueberry, dan semangka juga bisa jadi camilan yang menyehatkan untuk kucing.

Tag : #Makanan Kucing    #Kucing    #Kesehatan    #Anak Kucing    #Kucing Kampung    #Kucing Mahal    #Dokter Hewan   

Baca Juga