Manfaat ikan tuna. (Foto: istockphoto/fcafotodigital)

5 Manfaat Memakan Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Martha | Kesehatan | 24-12-2021

PARBOABOA – Ikan Tuna merupakan ikan terbanya yang hidup di perairan Indonesia. Ikan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ikan tuna bukan hanya sebatas makanan yang rendah lemak, tapi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam ikan tuna yaitu vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, asam lemak omega-3, zat besi, yogium, dan kalium.

Bila dibandingkan dengan ikan salmon, kalotri ikan tuna terhitung lebih renda. Namun, kalori di ikan tuna lebih banyak dari ikan salmon, yaitu dalam 3 ons terdapat 24 gram protein dan 278 miligram asam lemak omega-3.

Berikut Parboaboa sampaikan manfaat ikan tuna bagi kesehatan kita.

1. Menyehatkan jantung

Seperti yang sudah dijelaskan diatas ikan tuna memiliki asam lemak omega-3. Manfaatnya dapat menurunkan kadar trigliserida didalam darah, juga mengurangi risiko terjadinya aritmia jantung dan memperlambat penumpukan plak kolesterol yang bisa menghambat aliran darah.

2. Menyehatkan mata

Asam lemak omega-3 ternyata dapat mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula. Selain itu memakan ikan tuna juga bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang ada di ikan tuna dapat mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis penyakit kanker, terutama kanker kolorektal.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin D yang ada di ikan tuna juga baik untuk kesehatan tulang dan daya tahan tubuh. Mengonsumsi ikan ini madapat mencegah berbagai penyakit tulang.

5. Menambah energi

Vitamin B kompleks yang ada pada tuna bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk meningkatkan energi di tubuh. Selain itu, makanan sehat yang satu ini juga dinilai mampu melindungi kulit dari kerusakan dan meningkatkan efisiensi fungsi organ.

Itulah beberapa manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh kita. Namun kalian jangan hanya memakan ikan tuna saja, kalian bisa kombinasikan dengan makanan lain yang mengandung nutrisi tinggi. Semoga bermanfaat!.

Tag : #ikan tuna    #kesehatan    #manfaat   

Baca Juga