Ini Dia Makanan dengan Kalori Tinggi

Penulis : Kathleen | Kesehatan | 20-12-2022

Makanan Tinggi Kalori (Foto : lifepal.co.id)

PARBOABOA - Makanan tinggi kalori kadang perlu dikonsumsi terutama bagi kamu yang ingin menambah berat badan.

Bagi sebagian orang, khususnya kamu yang tengah menjalankan program diet, makanan berkalori tinggi adalah sesuatu yang mesti dihindari. Namun, hal ini tidak berlaku bagi orang dengan berat badan rendah.

Kalori dapat membantu meningkatkan bobot badan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyesuaikan jumlah kalori dengan kebutuhan perharinya.

Rata-rata kebutuhan kalori yang diperlukan oleh orang dewasa berkisar 2.000-3.000 kalori perhari. Kekurangan maupun kelebihan asupan kalori dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Orang yang kelebihan kalori berpotensi obesitas dan mengundang berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi dan hiperinsulinemia. Sementara orang yang kekurangan kalori dalam tubuhnya akan cenderung menjadi lemas, anemia, dan kekurangan berat badan.

Contoh Makanan Tinggi Kalori

Terdapat beberapa makanan sehat tinggi kalori yang dapat meningkatkan bobot tubuhmu, diantaranya:

Nasi

Makanan tinggi kalori ini merupakan makanan pokok sehari-hari, terutama bagi masyarakat Indonesia. Jika kamu ingin meningkatkan berat badanmu, tak ada salahnya untuk melebihkan porsi nasi dari yang biasanya secara bertahap.

Pasalnya, nasi mengandung kalori serta karbohidrat yang tinggi. Di dalam satu mangkuk nasi, terdapat sekitar 200 kalori yang akan membantu mempercepat proses pertambahan bobot badan kamu.

Daging merah

Makanan yang tinggi kalori berikutnya adalah daging merah. Dalam 5 ons produk daging merah terdapat sekitar 300 kalori. Tak hanya itu, kandungan lemak daging merah juga cukup tinggi, yaitu 12 gram. Oleh sebab itu, untuk kamu yang sedang menjalani program diet, produk daging merah harus dihindari.

Kacang-Kacangan

Kebanyakan orang yang menghindari konsumsi daging akan beralih ke produk kacang. Ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan protein mereka.

Padahal, kacang-kacangan termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti kacang hitam yang matang mengandung 227 kalori dalam satu mangkuk.

Susu

Di dalam susu, terdapat campuran lemak, karbohidrat, serta protein. Selain itu, susu juga merupakan sumber vitamin serta mineral, termasuk diantaranya kalsium. Kandungan protein dalam susu menjadikannya pilihan yang baik bagi kamu yang mencoba membentuk otot.

Dark Chocolate

Didalam 101 gr cokelat batangan terdapat kandungan:

  • 604 kalori
  • 7,87 gram protein
  • 43,06 g lemak
  • 46,36 g karbohidrat
  • 11.00 g serat makanan
  • 24,23 gram gula pasir
  • 12,02 miligram (mg) zat besi
  • 230,00 mg magnesium
  • 3,34 mg seng

Dibandingkan dengan cokelat susu, cokelat hitam memiliki kepadatan kalori yang tinggi. Namun juga mengandung lebih sedikit gula, lebih banyak antioksidan, lebih banyak mikronutrien, lebih banyak serat dan magnesium.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan pembentuk otot paling sehat. Produk ini memiliki protein berkualitas tinggi serta lemak sehat. Setiap telur mentah dengan berat 2 ons, terdapat sekitar 74 kalori.

Selama kamu tidak memiliki intoleransi terhadap telur, kamu tidak perlu membatasi komsumsinya. Faktanya, banyak atlet atau binaragawan mengonsumsi enam atau lebih telur setiap hari.

Alpukat

Buah alpukat terkenal sebagai salah satu sumber lemak baik. Oleh karena itu, buah ini kerap kali dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Namun, alpukat tergolong makanan yang berkalori  cukup tinggi. Dalam 100 gr alpukat terdapat kandungan sekitar 160 kalori.

Keju

Keju merupakan makanan yang cukup digemari banyak orang. Keju sering kali dijadikan sebagai tambahan atau topping dalam berbagai makanan dan minuman,

Tetapi perlu diketahui bahwa, kadar lemak dalam keju cukup tinggi, oleh sebab itu, sebaiknya kamu perlu membatasi konsumsi keju jika sedang menjalankan program diet.

Ikan Salmon

Walaupun salmon merupakan sumber protein dan omega 3 yang baik, kalori yang terkandung di dalamnya sebenarnya tidak serendah itu. Satu fillet salmon seberat 6 ons ternyata mengandung 400 kalori. Untuk itu, produk ini sangat tidak disarankan bagi kamu yang ingin menurunkan bobot badan.

Kurma

Buah khas bulan Ramadhan ini cukup sering dijadikan pemanis alami. Namun, tahukah kamu bahwa kurma termasuk ke dalam makanan tinggi kalori.

Satu buah kurma mengandung 23 kalori. Untuk itu, jika kamu ingin mengonsumsi buah ini, disarankan jangan terlalu berlebih.

Nah, itulah beberapa makanan dengan kalori tinggi. Sebaiknya, jika tujuan kamu adalah menaikkan berat badan, makanan di atas bisa dijadikan pilihan untuk variasi asupan sehari-hari kamu.

Editor : -

Tag : #kalori tinggi    #makanan tinggi kalori    #kesehatan    #nasi    #telur    #salmon    #alpukat   

Baca Juga