Makanan Khas Bengkulu: Pendap, foto: Bisniswisata.com

10 Makanan Khas Bengkulu yang Enak dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 08-04-2022

PARBOABOA - Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar nama Bengkulu? Mungkin yang pertama terlintas adalah tanaman khas yang tumbuh di Bengkulu, yaitu Raflesia Arnoldi.

Tumbuhan yang ukurannya cukup besar dan baunya yang menyengat itu. Oleh karenanya, bunga ini sering dinamakan bungai bangkai.

Tak hanya itu saya, Kota ini juga menyimpan banyak pesona alam yang tak kalah indah dari provinsi-provinsi lainnya. Baca juga: Tempat wisata Bengkulu Terbaru

Tapi kali ini kita tidak akan membahas bunga asli Bengkulu tersebut, yang akan dibahas adalah kuliner makanan khas Bengkulu yang selalu diburu oleh para wisatawan yang mampir ke salah satu daerah di sebelah barat daya kepulauan Sumatra ini.

Penasaran dengan kuliner khas apa saja yang ada di Bengkulu? Simak ulasannya berikut ini!

1. Pendap

Makanan khas Bengkulu satu ini menggunakan bahan dasar ikan yang dibumbui bawang putih, kencur, parutan kelapa, dan cabai giling.

Proses pengolahan pendap pun terhitung lama, karena menghabiskan waktu hingga 8 jam untuk merebus ikan dan bumbunya.

Dimasak dengan balutan daun talas, aroma pendap akan langsung membuat siapapun yang menciumnya ingin mencicipinya. Pendap paling pas dimakan dengan nasi putih hangat.

2. Bagar Hiu

Selanjutnya, salah satu makanan khas Bengkulu adalah bagar hiu. Ya, sesuai namanya, makanan khas Bengkulu ini dibuat menggunakan bahan dasar daging hiu, tepatnya jenis hiut tanduk.

Bahkan, makanan khas Bengkulu ini dipercaya menjadi salah satu makanan favorit Presiden Soekarno, tepatnya saat beliau diasingkan pada tahun 1938 hingga 1942.

Penasaran dengan makanan khas Bengkulu ini?

3. Lema Khas Bengkulu

Jika dilihat dari penampilannya, Lema tidak jauh beda dengan hidangan asal Pulau Jawa. Yang mana menggunakan rebung atau bambu muda sebagai bahan utamanya.

Hanya saja, rebung pada olahan ini telah dicincang dengan ikan sepat atau ikan mujair lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

Pengolahan tersebutlah yang membuat Lema memiliki cita rasa begitu otentik.

4. Rebung Asam Undak Liling

Makanan khas Bengkulu yang harus kamu masukan daftar makanan favorit adalah rebung asam undak liling.

Masakan satu ini dibuat dari bahan dasar tunas bambu. Sebagian orang menyebutnya dengan nama rebung. Jadi dipilih rebung yang masih muda yang teksturnya masih lunak.

Cara pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan mengiris tipis-tipis rebung dan merendamnya selama beberapa hari.

Tujuannya supaya rebung lebih lunak dan teksturnya lebih lembut. Selain itu, supaya didapatkan rasa masam yang pas. Selanjutnya siapkan bumbu dapur dan rempah-rempahnya untuk membuat bumbu gulai.

Setelah rabung tadi sudah dibuat gulai, campurkan liling yang sebelumnya sudah dimasak. Kalau di daerah kamu, liling itu sejenis siput sawah, bentuknya kecil-kecil dan warnanya hitam.

Bagaimana, tertarik menicicipi santapan masakan hasil kombinasi rebung dan liling?

5. Lempuk Durian

Jalan-jalan ke Bengkulu, kamu pasti akan banyak menemukan Pohon Durian. Tidak heran jika banyak olahan makanan khas Bengkulu berbahan dasar Durian. Contohnya seperti kuliner tradisional Bengkulu yang satu ini.

Lempuk durian adalah olahan makanan khas Bengkulu yang mirip seperti dodol dan berbahan tepung gandum dan buah durian. Jika ingin mencicipinya, datang saja ke Bengkulu di jalan Soekarno Hatta!

6. Lemang Tapai

Mendengar kata lemang, pasti yang terbayang adalah kuliner khas Melayu. Lemang memang merupakan makanan khas Melayu, tapi lemang tapai adalah makanan khas Bengkulu.

Lemang tapai dibuat dari bahan dasar beras ketan dan santan. Untuk cara membuatnya, beras ketan yang sudah dicuci bersih lalu direndam semalaman.

Setelah itu dicampur dengan santan dan dimasak dengan cara dibakar dalam seruas bambu hingga matang.

7. Kue Tat

Makanan khas Bengkulu satu ini tergolong makanan yang mewah karena dulu kue ini hanya disajikan untuk Raja dan kalangan ningrat.

Tapi sekarang kamu bisa menemukan Kue Tat lebih mudah karena sudah banyak dijual di toko-toko atau disajikan oleh Masyarakat Bengkulu di kala hari raya Idul Fitri.

Kue khas Bengkulu ini juga disajikan dalam ukuran kecil seperti biskuit dan dikenal dengan nama Kue Anak Tat. Dengan cita rasa manis, gurih, dan empuk, Toppers wajib mencoba kue khas Bengkulu satu ini!

8. Bolu Koja

Makanan khas Bengkulu berikutnya ada kue bolu koja. Kuliner berbentuk kue ini secara tampilan dan nama mirip dengan bolu kojo asal Palembang.

Bedanya, pada bolu koja khas Bengkulu ditambahkan agar-agar putih agar terasa lebih gurih, sedangkan bolu kojo tidak memakai tambahan agar-agar.

Bicara mengenai tekstur dan cita rasa, bolu koja mempunyai tekstur yang begitu lembut seperti brownies dengan cita rasa yang sungguh nikmat.

Kelembutan bolu koja yang sangat terasa di lidah merupakan akibat penggunaan agar-agar.

Oleh karenanya, kue bolu kojo yang dari Palembang teksturnya lebih legit daripada bolu koja karena tidak menggunakan agar-agar.

9.Gulai Pisang

Jika selama ini, gulai biasa diolah dengan bahan dasar daging kambing, berbeda halnya dengan gulai yang ada di Bengkulu.

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bengkulu satu ini menggunakan bahan dasar pisang yang dimasak dengan bumbu gulai.

Jenis pisang yang biasa digunakan untuk gulai pisang adalah pisang kepok, tanduk, dan raja karena teksturnya yang padat.

10. Tempoyak

Makanan khas Bengkulu olahan dari Durian lainnya adalah Tempoyak. Berbahan dasar fermentasi buah durian, Tempoyak yang terkenal di Bengkulu biasa diolah dengan ikan patin.

Rasa unik dan lezatnya Tempoyak ini harus kamu coba kalau kamu sedang berlibur ke Bengkulu!

Kuliner khas Bengkulu ini juga populer di daerah-daerah Sumatera lainnya seperti Jambi dan Sumatera Selatan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Bengkulu yang enak dan menggugah selera. Semoga informasi ini bisa jadi referensi kamu saat berkunjung ke Kota ini ya!

Tag : #bengkulu    #tempat wisata    #daerah wisata    #makanan khas    #kuliner khas    #bengkulu   

Baca Juga