Makanan khas Malang, sumber: Tripzilla Indonesia

Makanan Khas Malang yang Bikin Ketagihan

Wanovy | Travel | 01-03-2022

PARBOABOA, Malang - Berburu makanan khas Malang tidak kalah serunya dengan di tempat-tempat lain. Menu kuliner tersebut tidak hanya nikmat saat dihidangkan tetapi juga cocok dengan atmosfer kota Malang yang sejuk, dingin, dan menenangkan.

Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Malang yang populer dengan sebutan kota apel menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bukan hanya terkenal pariwisatanya yang begitu memukau, ternyata wisata kuliner seperti makanan khas Malang juga wajib dicicipi karena mampu membuat lidah bergoyang saking lezatanya.

Mulai dari bakso, nasi goreng, sate, cwie mie, hingga camilan ringan, semua ada di sana. Saat berwisata ke Malang, cobalah menu makanan khas Malang yang bikin ketagihan berikut ini!

1. Bakso Malang

Bakso merupakan salah satu makanan khas Kota Malang yang paling dikenal dan digemari. Bakso khas Malang memiliki ragam isi yang lebih banyak daripada bakso di kota lain.

Selain bakso halus yang lebih sering disebut pentol, ada pula bakso urat atau pentol kasar, gorengan pangsit panjang atau kembang, mi kuning, soun, dan tahu. Selain itu biasanya juga disajikan lontong sebagai teman makan bakso.

Bakso dapat dengan mudah ditemui di kota Malang. Mulai dari gerobak kaki lima sampai restoran. Variasi bakso yang disediakan pun semakin beragam. Misalnya bakso mercon, bakso seafood, bakso sum-sum, hingga bakso gulung.

2. Rawon Dengkul

Makanan berkuah hitam ini adalah makanan khas Malang yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain gurih dan manis, penggunaan daging dengkul yang empuk semakin memperkaya rasa.

Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan kecambah dan sambal untuk menambah sensasi segar dan krenyes. Penyajiannya sendiri, bisa langsung dicampur dengan nasi atau dipisah.

3. Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan salah satu menu favorit warga Malang. Nasi pecel sendiri terdiri dari nasi yang ditemani dengan rebusan sayur segar, siraman sambal kacang dan peyek.

Sedangkan, untuk sayurannya berupa tauge, kacang panjang, kangkung, dan daun kemangi. Dengan racikan bumbu cita rasa khas tradisional Indonesia nan bergizi, nasi pecel cocok disantap untuk sarapan pagi.

Salah satu nasi pecel yang terkenal dan legendaris di Malang ialah Pecel Kawi 1975. Kenikmatan menu nasi pecel ini terletak pada cita rasa yang otentik, karena termasuk makanan khas Malang tempo dulu nih.

4. Orem-orem

Makanan khas Malang yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Malang adalah orem – orem. Malang memang dikenal sebagai kota penghasil tempe, dengan bahan yang sederhana ini terciptalah makanan khas yaang diberi nama orem – orem.

Orem – orem merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar tempe goreng yang sudah digoreng dan diiris tipis. Sebelum digoreng, tempe ini sudah diberikan bumbu – bumbu khas yang membuat rasa lebih nikmat.

Dalam penyajianya, orem – orem biasanya ditemani dengan suwiran daging ayam, telor asin rebus dan kuah santan yang sangat kental. Untuk rasa kuah santan sendiri hampir mirip dengan kuah sayur lodeh, namun olahan kuah untuk orem – orem rasanya pedas.

5. Cwie Mie

Cwie mie adalah makanan khas Malang Jawa Timur yang simple namun bikin nagih. Cwie mie merupakan makanan khas Tionghoa yang saat ini lebih sering disebut dengan pangsit mie karena pangsit seringkali hadir mendampingi penyajian makanan ini.

Banyak penjual cwie mie di Malang. Ukuran mie yang digunakan lebih kecil dan biasanya dihidangkan bersamaan dengan tahu isi, somay, dan bakso udang goreng sehingga citarasanya semakin komplit.

6. Bakso Bakar

Bakso bakar ini sama seperti pada bakso-bakso yang dijumpai di Malang, hanya bedanya bakso ini dilumuri dengan saus, kecap dan rempah-rempah.

Sehingga, ketika dibakar, bakso ini akan mengeluarkan aroma yang begitu menggoda membuat perut kian lapar.

7. Sego Goreng Mawut

Namanya memang cukup aneh dan sedikit unik. Tapi, siapa yang menyangka kalau Sego Goreng Mawut ini memiliki rasa yang lezat sekali.

Mungkin buat kamu para pecinta nasi goreng, tentunya sudah pernah merasakan makanan yang satu ini.

Mengapa bisa disebut dengan Mawut, karena makanan yang berasal dari nasi goreng dan mie goreng ini dipadukan menjadi satu dengan citarasa yang sangat lezat.

Sama seperti pada nasi goreng seperti biasanya, makanan khas Malang yang satu ini juga disajikan dengan sayur dan acar di atasnya. Yumm, jadi lapar ya!

8. Ketan

Buat kamu yang ingin makan yang hangat dan manis, cocok banget nih sama makanan khas Batu Malang satu ini. Kuliner Malang selanjutnya yang enak ialah terbuat dari olahan beras ketan. Umumnya, sajian ketan berupa ketan yang disajikan dengan kelapa parut atau bubuk.

Yuk, melipir sedikit ke wilayah Kota Batu, di sini kamu akan menemukan makanan khas Batu Malang di Pos Ketan Legenda, yang sudah berdiri tahun 1967.

Ketan legenda ini terletak di dekat alun-alun Batu, arah selatan. Di sini terdapat menu sajian untuk ketan manis, seperti ketan keju susu dan ketan gurih, seperti ketan ayam pedas. Harga ketan legenda sekitar Rp 7 ribu - 12 ribu.

9. Sate Kelinci

Bagi beberapa orang, sate kelinci termasuk kuliner ekstrem karena daging hewan bertelinga panjang itu tak biasa disantap. Namun di daerah-daerah dataran tinggi, makanan ini cukup mudah ditemui.

Batu, Malang juga menjadi tempat wisata kuliner sate kelinci yang cukup populer di antara pelancong luar Malang. Seporsi sate ini biasanya terdiri dari sepuluh tusuk daging dengan potongan kecil-kecil yang sekilas mirip sate ayam.

10. Mendol

Mendol ini terlihat seperti tempe tetapi dengan bentuk yang unik, yakni bulat memanjang. Namun, mendol berbeda dengan tempe.

Makanan khas Malang ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Mendol diberikan bumbu sedemikian rupa dan diolah dengan tingkat kematangan yang pas.

Makanan ini bisa dengan mudah kamu jumpai di warung-warung makan yang ada di Malang, terutama pada warung nasi pecel lele atau rawon.

Nah, itulah beberapa makanan khas Malang yang bikin ketagihan dan bisa kamu jadikan referensi saat berwisata kesini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata malang    #malang    #tempat wisata    #makanan khas    #kuliner malang   

Baca Juga