Makanan Khas Pacitan, foto: IDNTimes

10 Makanan Khas Pacitan Legendaris dan Paling Digemari Wisatawan

Wanovy | Travel | 28-09-2022

PARBOABOA, Pacitan - Makanan khas Pacitan punya cita rasa yang beda dan wajib dicoba. Di setiap daerah di Indonesia mempunyai berbagai macam makanan khas yang menggugah selera. Salah satu daerah yang memiliki beragam makanan khas adalah Pacitan.

Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang ada di Jawa Timur berbatasan dengan kabupaten Ponorogo, Trenggalek, dan Wonogiri.

Kabupaten ini terkenal dengan hidangan kupat tahu manis dan gurih yang menjadi salah satu makanan favorit Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Bukan hanya itu, masih terdapat beberapa makanan khas Pacitan lain yang tidak kalah menarik dan populer.

Mulai dari sego godhong jati, sayur kalakan, sego gobyos, hingga beberapa camilan ringan seperti jenang pacitan, kolong, dan tahu tuna.

Jika kamu sedang berkunjung ke Kota Seribu Satu Gua ini, jangan lewatkan berbagaimakanan khas Pacitan yang lezat dan menggugah selera.

Tentu kamu bisa berburu camilan ringannya untuk dibawa pulang ke kampung halaman sebagai oleh-oleh.

Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum beberapa makanan khas Pacitan populer yang wajib untuk dicoba.

1. Soto Pacitan

Banyak daerah di Indonesia yang punya kuliner soto, termasuk juga Pacitan. Soto Pacitan sendiri memiliki ciri khas tersendiri yakni dihidangkan dengan kacang goreng dan seledri serta kecambah kecil-kecil.

2. Tahu Ikan Tuna

Sebagai daerah yang memiliki banyak pantai, Pacitan memiliki stok ikan laut yang melimpah seperti tuna. Ikan tersebut lantas diolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya yang paling terkenal dan ikonik adalah Tahu Ikan Tuna Pacitan.

Kuliner tersebut berupa jajanan tahu isi yang memiliki isian daging ikan tuna yang empuk dan lezat. Mengunjungi Pacitan kurang lengkap rasanya apabila tidak mencicipi hidangan yang satu ini!

3. Sego Godhong Jati

Dalam Bahasa Jawa, sego berarti nasi dan godhong jati berarti daun jati. Penampakannya sesuai namanya, nasi yang dibungkus dengan daun jati.

Saat dibuka, kamu bisa melihat nasi dengan beraneka lauk pauk seperti peyek teri, bakwan, telur, tahu atau tempe.

Nasi yang bersahaja ini biasanya dijual di rumah warga pada pagi hari karena lazim dikonsumsi untuk sarapan.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati sego godhong jati ini adalah rumah Mak Maryani di desa Semanten.

Banyak-banyaklah bertanya ke penduduk sekitar agar kamu dapat menemukan hidden gem ini ya!

4. Thiwul

Thiwul adalah makanan khas Pacitan yang harus traveler cicipi saat liburan di Pacitan. Sebab ini adalah makanan khas penduduk Pegunungan Kidul yang meliputi kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan juga Pacitan.

Bentuknya seperti nasi pada umumnya hanya saja warnanya agak kecoklatan. Thiwul memang merupakan makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari gaplek atau ketela pohon yang telah dikeringkan.

Thiwul dikenal memiliki kandungan kalori yang rendah dibanding nasi dari beras namun cukup untuk memenuhi bahan makanan pengganti.

Umumnya thiwul di Pacitan disajikan bersama sambal terasi atau pun sambal bawang lengkap dengan lalapan.

5. Kupat Tahu

Menu yang satu ini menjadi kuliner favorit Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Jika beliau pulang kampung ke Pacitan pasti selalu mencicipi menu ini, terakhir setelah sudah tidak menjabat presiden, SBY bersama keluarga melakukan wisata kuliner di pusat kuliner Pasar Minulyo untuk menikmati kupat tahu bahkan seluruh pengunjung pasar pada waktu itu ditraktir makan gratis lho.

6. Punten Makanan Khas Pacitan

Jika orang sunda mendengar nama makanan ini pasti terdengar aneh bukan. Nah namun punten ini adalah makanan khas pacitan yang berbahan dasar beras.

Beras ini dimasak dengan menambahkan santan, bumbu seperti garam dan daun salam.

Setelah matang atau hampir menyerupai nasi uduk, makanan ini tak langsung dimakan namun diolah kembali dengan cara dipukul-pukul menggunakan batang pisang atau gedebog.

7. Sego Gobyos

Gobyos jika dalam bahasa jawa berarti penuh keringat, kalau ini sego gobyos apa ya?

Ternyata makanan khas Pacitan ini dinamai sego gobyos karena cita rasa yang ditawarkan sangat pedas hingga dapat membuat penikmatnya gobyos.

Nasi gobyos disajikan dengan sayur-sayuran seperti daun singkong, urapan, atau kenikir namun yang membuat berbeda adalah kuah gobyosnya.

Kuah berwarna merah dengan rasa yang cukup pedas akan menguji nyalimu untuk mencicipinya.

8. Sale Anggur

Pasti kamu mengira sale anggur adalah sale yang berbahan dasar anggur bukan?

Nah jangan salah, sale ini tetap berbahan dasar pisang hanya saja proses pengemasannya yang dibuat seperti anggur.

Hal ini dimaksudkan agar lebih menarik para pembelinya. Dengan warna cerah berwarna warni dan dibuat untaian seperti buah anggur.

Proses pembuatan sale anggur ini juga seperti sale pada umumnya. Olahan pisang yang diiris tipis kemudian dijemur dibawah sinar matahari langsung. Rasanya juga tak jauh beda, legit dan bikin kamu ketagihan pastinya.

9. Rengginang

Makanan khas Pacitan yang satu ini sering digunakan sebagai camilan. Rengginang merupakan sejenis kerupuk yang terbuat dari beras ketan. Rasa renyah gurih yang ditawarkan sudah pasti tidak bisa kamu tolak bukan?

Rengginang asli pacitan sedikit berbeda dengan rengginang daerah lain. Jika di daerah lain rasa nya dominan gurih, namun rengginang pacitan memiliki sedikit rasa manis.

Hal inilah yang membuat rengginang asli Pacitan banyak digemari. Rengginang biasa digunakan sebagai oleh-oleh khas Pacitan.

10. Olahan Ikan Kelong

Ikan kelong merupakan masakan khas Pacitan yang sangat populer dan lezat. Khas Pacitan, ikan kelong ini diolah menjadi lauk yang memiliki rasa gurih.

Digoreng menggunakan tepung tiwul kasar dan membuat ikan kelong sedap disantap menggunakan nasi hangat. Sensasi gurih serta legit pada potongan gorengan ikan kelong memberikan rasa yang khas pada lauk ini.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Pacitan Jawa Timur yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata pacitan    #pacitan    #travel    #tempat wisata    #kuliner pacitan    #jawa timur   

Baca Juga