Makanan khas Padang, foto: klikdokter.com

10 Makanan Khas Padang yang Enak dan Bikin Nagih, Lamak Bana!

Wanovy | Travel | 23-03-2022

PARBOABOA, Padang - Makanan khas Padang memang dikenal memiliki cita rasa yang lezat dan pastinya akan menggugah selera makan.

Bukan hanya nasi padang yang sudah populer di berbagai kalangan, sebenarnya ada banyak kuliner lain yang tak kalah lezat untuk kamu coba.

Aneka makanan khas Padang memang terkenal memiliki rasa yang khas dan kuat. Oleh sebab itu, kebanyakan orang gemar untuk menyantap makanan khas Padang.

Sederet makanan seperti rendang atau sate padang merupakan kuliner yang lebih dulu telah populer di tengah masyarakat.

Untuk mendapatkannya juga tak sulit karena banyak sekali yang menjualnya tanpa kita harus pergi ke tempat asalnya terlebih dahulu.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini Parboaboa telah rangkum 10 makanan khas padang yang enak dan bikin nagih.

1. Rendang

Rendang adalah makanan khas Padang yang pertama. Makanan yang terbut dari daging ini, bahkan dinobatkan termasuk dalam 100 daftar makanan yang paling enak di Dunia versi CNN Internasional.

Daging yang lembut dengan bumbu racikan rempah-rempah yang kuat, membuat makanan ini sangat digemari oleh banyak orang. Makanan ini merupakan makanan yang selalu ada di warung padang mana pun yang kita kunjungi.

Para penikmat masakan padang ketagihan menikmati rendang karena kelembutan daging dan bumbu kuahnya yang gurih.

Memasak rendang ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Tujuan memasak rendang dalam waktu lama agar bumbu-bumbunya meresap sempurna sampai ke bagian terdalam daging sapi, dan juga membuat rendang bisa tahan lebih lama dari masakan-masakan yang lainnya.

2. Sate Padang

Kuliner olahan daging di Sumatera Barat lainnya adalah sate padang. Sebagian orang pasti kesulitan membedakan sate padang karena bentuknya berbeda-beda.

Tak perlu bingung, karena sate padang memang hadir dalam tiga jenis, yakni sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman.

Selain berbeda daerah asalnya, ketiga sate tersebut juga hadir dalam sajian bumbu kacang yang berbeda.

Sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur. Sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah. Sedangkan, sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate yang berwarna kuning.

3. Dendeng

Makanan khas dari padang yang berasal dari daging sapi yang rasanya pedas ialah dendeng. Dendeng biasanya juga dibuat dari daging sapi, sama seperti rendang.

Meskipun sama-sama terbuat dari daging sapi, namun tekstur dendeng lebih cenderung keras jika dibandingkan dengan tektur daging pada rendang.

Dendeng biasanya dimasak hanya dengan digoreng atau ditumis saja. Dendeng dibuat dengan cara menjemur daging sapi hingga benar-benar kering.

Namun sebelumnya daging sapi yang digunakan sebelum dijemur sudah diberi bumbu berupa rempah-rempah yang akan membuat daging sapi menjadi lebih awet.

Selain itu, rempah-rempah ini juga akan memperkuat rasa dari dendeng itu sendiri. Mengolah daging menjadi dendeng tujuan utamanya adalah untuk membuat daging lebih awet.

4. Sate Lokan

Sate lokan memang terdengar asing karena tak banyak yang tahu jenis makanan khas Padang satu ini.

Lokan merupakan sejenis kerang yang bisa ditangkap di pesisir laut. Kerang ini mempunyai tekstur yang unik karena ada rasa lembut di dalamnya namun gurih pada bagian luarnya.

Lokan begitu terkenal di Padang dan menjadi favorit masyarakat. Memang dari segi bumbu tidak banyak yang berbeda dengan sate Padang akan tetapi penggunaan jeruk nipis atau nanas pada saat membakar sate.

Hal ini dilakukan agar rasanya lebih nikmat tanpa ada bau amis seperti kerang laut lainnya. Disantap dengan nasi yang panas pasti akan menambah kenikmatan dari sate lokan ini.

5. Lontong Sayur

Makanan khas Padang yang tak kalah populer dari rendang adalah lontong sayur. Makanan yang biasanya dijadikan menu sarapan oleh orang Minang ini punya cita rasa yang khas dan juga kaya akan rempah.

Kuah santan yang kental serta bumbunya yang gurih mampu memikat lidah para pecinta kuliner seantero negeri.

Selain di daerah Padang, kamu juga bisa mencoba lontong sayur khas Minang ini di daerah Pariaman, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Padang.

6. Gulai Itiak

Makanan khas Padang ini berbahan dasar daging itik. Gulai itiak diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu sebelum dimasak.

Adapun bumbu yang digunakan yaitu cabai kriting hijau, kunyit, laos, jahe, daun kunyit, jaun jeruk, dan daun salam. Hidangan yang dikenal dengan rasa pedasnya ini memiliki tekstur daging yang gurih sekaligus empuk.

5. Gulai Cancang

Gulai cancang memiliki aroma dan cita rasa pedas yang khas. Makanan khas Padang satu ini dibuat dengan bahan utama daging kambing yang dipotong kecil-kecil.

Namun, ada juga yang memotong daging dengan ukuran besar. Selanjutnya, olahan diberi santan dan cabai merah giling.

7. Cancang

Cancang atau cincang adalah makanan khas Padang berupa olahan daging sapi yang dicincang kecil-kecil kemudian dijadikan gulai.

Biasanya daging yang digunakan adalah daging yang mempunyai banyak lemak.Selain daging sapi ada juga yang menggunakan daging kambing.

Bumbu cancang memiliki rasa lezat dan aroma yang khas. Cancang dijual mulai dari Rp. 15.000/porsi.

8. Ayam Padeh

Kalau biasanya makanan khas daerah Padang terkenal dengan santan, beda ceritanya dengan Asam Padeh yang tidak mengandung santan.

Berbahan dasar dari ikan laut seperti ikan tongkol, ikan sarden atau menggunakan daging sapi, Asam Padeh sekilas mirip gulai.

Bumbu yang digunakan pun seperti lengkuas, bawang, kemiri, sere dan lain-lain. Rasanya sesuai dengan namanya yaitu sedikit asam, yang berasal dari asam kandis kering.

9. Kacimuh

Makanan khas Padang yang terkenal satu ini sebenarnya bukan makanan berat, melainkan makanan ringan semacam camilan untuk teman berbincang.

Meskipun bukan makanan berat, namun mengonsumsi makanan ini sudah cukup membuat perut kamu terisi untuk sementara waktu.

Sebab makanan ini terbuat dari singkong yang dimasak dengan cara diparut dan dikukus. Cara penyajian dari makanan ini adalah singkong yang sudah diparut kasar dan sudah dikukus ini kemudian diberi taburan berupa parutan kelapa dengan taburan gula berupa gula pasir atau gula merah.

Rasanya sangat gurih dan nikmat. Apalagi jika kamu ingin bersantai sambil minum kopi, makanan ini semakin membuat suasana santai kamu semakin mengenyangkan.

10. Lamang Tapal

Memiliki cita rasa manis yang sangat khas, makanan khas Padang bernama lamang tapal ini merupakan makanan tradisional khas Minang yang terbuat dari beras ketan.

Tekstur kenyal dan rasa manisnya cocok untuk dijadikan sebagai makanan pembuka.

Demikianlah informasi seputar makanan khas Padang yang enak dan bikin nagih. Jika kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk menyantap deretan kuliner di atas, ya!

Dijamin deh, selain bikin perut kenyang, kamu bakalan semakin cinta dengan sajian kuliner Indonesia yang lezat ini.

Tag : #wisata padang    #padang    #travel    #tempat wisata    #sumatera barat    #kuliner padang    #makanan padang   

Baca Juga