Jenis makanan yang harus dihindari agar hati tetap sehat (k-link.co.id)

7 Makanan yang Harus Dihindari Agar Organ Hati Tetap Sehat

Wulan | Kesehatan | 04-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Liver atau hati adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh. Untuk menjaga kesehatan hati, ada beberapa makanan yang perlu dindari agar liver tidak terserang penyakit.

Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia tengah diramaikan oleh munculnya kasus hepatitis akut. Penyakit yang umumnya diderita oleh anak ini diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab hepatitis akut. Namun para ahli menyarankan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan memastikan makanan-minuman yang dikonsumsi tetap higenis sebagai satu langkah pencegahan.

Selain cara tersebut, ada cara lain untuk menghindari penyakit pada liver yakni dengan tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak dan gula.

Untuk lebih lengkapya, Berikut beberapa makanan yang buruk untuk hati dan harus dihindari. Yuk simak!

1. Kentang goreng

Jenis makanan yang satu ini sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi bagi para penderita liver. Hati yang bertanggung jawab untuk memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi tidak bisa menerima asupan lemak yang ada didalam kentang goreng. Kondisi ini bisa menyebabkan penumpukan lemak pada sel-sek hati. Bukan hanya itu saja, asupan goreng juga dapat menyebabkan peradangan dalam waktu yang lama.

2. Sosis

Lemak jenuh yang terkandung dalam sosis juga menjadi salah satu kandungan terburuk untuk hati. Daging olahan seperti sosis ini sangat tidak dianjurkan untul dikonsumsi penderita liver. Fatty Liver Foundation menjelaskan, lemak jenuh akan lebih berbahaya untuk hati dibandingkan dengan jenis lemak lainnya.

3. Whipped cream

Whipped cream sangat sering digunakan untuk membuat sajian kue terasa lebih nikmat. Akan tetapi, dari segi kesehatan, whipped cream sangat berdampak buruk. Whipped cream mengandung banyak kalori, gula dan lemak jenuh. Sama seperti makanan lain dengan kandungan lemak yang tinggi, whipped cream juga dapat merusak organ hati.

4. Minuman berakohol

Liver bertanggung jawab yang berguna untuk menyaring racun seperti alkohol. Nebraska Medicine mengungkapkan, ada beberapa sel pada hati menjadi mati saat menyaring alkohol. Hal tersebut akan terjadi jika kita berlebihan mengonsumi minuman berakohol dalam jangka waktu yang lama.

5. Susu

Setiap 240 mililiter susu mengandung sekitar 9,1 gram lemak jenuh. Hal ini tentu tidak bisa diterima kondisi hati. Namun salah satu cara untuk menghindarinya Anda dapat mengonsumsi susu dengan kadar lemak yang lebih rendah.

6. Mentega

Sama seperti susu, mentega juga perlu dihindari demi menjaga kesehatan hati. Mentega kaya dengan lemak yang tinggi. Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk beralih dari mentega, yakni dengan menggantinya dengan minyak yang lebih sehat dan rendah lemak.

7. Es krim

Terakhir makanan yang perlu dihindari untuk kesehatan hati adalah es krim. Tak hanya es krim, makanan penutup lainnya seperti kue, dessert, juga harus dihindari demi kesehatan hati atau liver.

Tag : #organ hati    #makanan yang dihindari organ hati    #kesehatan    #kentang goreng    #sosis    #whipped cream    #minu   

Baca Juga