Buah alpukat (dok Milan Krasula)

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Rini | Kesehatan | 13-12-2021

PARBOABOA - Alpukat merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang tak terlalu manis, ternyata mengandung kandungan asam lemak tunggal yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah alpukat mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Alpukat dapat dikonsumsi langsung, atau diolah hingga menjadi jus, smooties, campuran salad, dll.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut manfaat dari mengkonsumsi alpukat:

1. Menurunkan Kolesterol

Alpukat diketahui mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung beta sitosterol yang bisa menurunkan penyerapan kolesterol dari makanan. Tingkat kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan sejumlah penyakit mematikan lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah alpukat sangat bermanfaat melancarkan proses pencernaan. Alpukat mengandung serat larut air yang baik untuk menjaga bakteri baik di usus. Jadi kesehatan saluran pencernaan lebih terjaga kesehatannya, serupa dengan manfaat buah naga.

3. Baik untuk diet

Alpukat juga mengandung karbohidrat, sehingga buah tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat saat berdiet. Itu sebabnya alpukat baik ditambakan ke salad yang akan dikonsumsi saat berdiet.

4. Mengurangi resiko kanker

Kandungan lain yang ditemukan di alpukat adalah asam folat yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Selain itu fitokimia yang ditemukan di dalam alpukat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh.

5. Menyehatkan kulit

Buah alpukat juga sudah dimanfaatkan untuk produk kecantikan karena kandungan vitamin C dan vitamin E yang terbukti baik untuk kesehatan kulit, mulai dari lotion hingga masker.

Itu dia beberapa manfaat dari mengkonsumsi alpukat secara rutin.

Tag : #alpukat    #kesehatan   

Baca Juga