Buah bit mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

rini | Kesehatan | 05-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Buah Bit merupakan sejenis umbi berwarna ungu kemerahan yang bentuknya menyerupai kentang. Buah bit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung tinggi karbohidrat namun rendah lemak. Buah but juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Berikut ini manfaat buah bit untuk kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah

Bit kaya akan kandungan nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini berperan dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah. Efek makan buah bit bisa lebih terasa apabila penderita hipertensi makan buah bit mentah daripada bit yang dimasak.

2. Membantu Membuang Racun

Ginjal dan kantung empedu berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih. Dengan bantuan buah bit, kinerja dari kedua organ tersebut akan terbantu dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh.

3. Mencegah pikun

Kandungan nitrit dalam bit juga diduga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh, termasuk otak. Tak hanya itu, bit juga baik untuk mencegah berkembangnya gejala pikun.

4. Meningkatkan stamina

Sejumlah studi menunjukkan, nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan kinerja fisik seseorang, terutama jika dikonsumsi atlet. Nitrat dapat memengaruhi kinerja fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang bertanggung jawab menghasilkan energi sel tubuh. Orang yang ingin meningkatkan kinerja fisik dengan buah bit perlu mengonsumsinya 2-3 jam sebelum mulai berolahraga.

5. Memelihara kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam bit bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa serat bermanfaat untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna akibat peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Selain itu, senyawa betaine dalam buah bit juga dapat mengurangi kembung, mencegah intoleransi makanan, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

6. Membantu Mencegah Risiko Kanker

Terdapat studi yang mengungkapkan manfaat buah bit dapat membantu mencegah risiko kanker payudara dan kanker prostat. Kandungan senyawa betasianin dalam buah bit mampu menghalangi kanker.

7. Membantu Turunkan Berat Badan

Bit memiliki beberapa nutrisi yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan berlebih.

Umbi ini sangat rendah kalori dan tinggi kandungan airnya. Kandungan protein dan tinggi serat pada bit juga sangat penting dalam menjaga berat badan

 8. Meredakan peradangan

Peradangan adalah sumber utama rasa nyeri pada tubuh. Buah bit yang mengandung pigmen betalain pigmen yang bisa meredakan peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang menderita peradangan sendi dan mengonsumsi kapsul betalain dari ekstrak buah bit merasakan nyerinya mereda.

Tag : #kesehatan    #manfaat buah bit    #kesehatan tubuh   

Baca Juga