Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan (Dok:Parboaboa)

10 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Coba

Ester | Kesehatan | 12-07-2022

PARBOABOA – Pernahkah kamu mendengar bunga telang? Jika belum, di ulasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bunga telang dan manfaat bunga telang untuk kesehatan. Penasaran dengan hal itu? Simak ulasan di bawah ini.

Indonesia dikaruniai dengan keragaman hayati yang bisa kita nikmati kapan saja. Hal itu bisa kita lihat dari banyaknya keragaman flora dan fauna yang menyebar di kawasan Indonesia. Salah satu keragaman flora yang memiliki banyak manfaat adalah bunga telang.

Bunga cantik ini kerap memikat siapa saja lewat warnanya yang jarang ditemui di tanaman lainnya. Untuk mengenal lebih dalam mengenai bunga telang, tetap simak ulasan berikut ini sampai habis.

Pengertian Bunga Telang

Bunga telang adalah bunga berwarna biru yang biasa tumbuh merambat di pagar rumah untuk memperindah tampilan pekarangan. Tumbuhan ini merupakan anggota suku polong-polongan dan diyakini berasal dari Amerika Selatan.

Meskipun bukan dari Indonesia asli, namun bunga telang sudah menyebar ke daerah tropik termasuk Indonesia dan Asia Tenggara sejak abad ke-19.

Bunga telang dalam bahasa inggris disebut sebagai Butterfly Pea. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali sebutan untuk Bungan telang ini. Di Sumatera, Bunga disebut sebagai Bunga biru, Bunga kelentit, atau Bunga telang. Di Jawa, bunga ini disebut sebagai kembang telang atau menteleng.

Taksonomi dari Bunga telang adalah:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Tracheophyta
  • Infrodivisi: Angiospermae
  • Kelas: Mangnoliopsida
  • Ordo: Fabales
  • Familia: Fabacea
  • Genus: Clitoria L
  • Spesies: Clitoria ternatea

Bunga telang memiliki beberapa jenis yang berbeda. Namun, di Indonesia bunga telang yang paling sering dijumpai adalah bunga telang berwarna biru. Selain memiliki beberapa jenis yang berbeda, ternyata bunga telang juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk Kesehatan.

Salah satu manfaat Bunga telang yang paling terkenal saat ini adalah dapat mencegah penuaan dini. Akan tetapi, Bunga telang tidak hanya dapat mencegah penuaa dini saja melainkan ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatan dengan mengonsumsi ekstrak bunga telang.

Untuk mengetahui apa saja manfaat bunga telang untuk kesehatan, simak ulasan berikut ini.

1. Dapat Menurunkan Gula Darah

Manfaaat bunga telang yang pertama adalah dapat menurunkan gula darah. Seperti yang kita ketahui, diabetes, darah tinggi, dan beberapa penyakit yang disebabkan dengan gula yang tinggi adalah salah satu hal yang cukup sering terjadi di Indonesia.

Untuk mengurangi hal itu, kamu dapat mengonsumsi bunga telang secara rutin agar kadang gula darah tetap stabil.

2. Mencegah Kanker

Khasiat bunga telang selanjutnya adalah dapat mengurangi bahkan mencegah resiko terjadinya penyakit kanker di dalam tubuh. Hal itu disebabkan oleh di dalam teh bunga telang terdapat antioksidan yang tinggi.

Antioksidan ini dipercaya dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Tidak hanya itu, kandungan di dalam bunga telang juga dapat menghambar pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Selain mencegah kanker, manfaat bunga telang yang lain adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Hal ini dapat terjadi karena bunga telang mengandung asetilkolin yang dibutuhkan oleh otak untuk berkomunikasi.

Seiring bertambahnya usia, asetilkolin otak akan berkurang. Dengan mengonsumsi bunga telang, kadang asetilkolin kamu akan bertambah dan kinerja otak akan semakin baik.

4. Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Salah satu hal yang cukup sering terjadi pada wanita adalah menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi tidak teratur bisa terjadi karena beberapa faktor. Untuk mencegah hal itu, kamu dapat mengonsumsi teh bunga telang.

Tidak hanya menstruasi yang tidak teratur, khasiat lain dari bunga telang untuk wanita adalah dapat membantu mengatasi beberapa masalah reproduksi seperti keputihan yang tidak normal.

5. Mengobati Asma Secara Alami

Salah satu studi yang dilakukan oleh International Journal of Pharmaceutical Science and Research adalah bunga telah dapat mengobati asma secara alami. Sebab, di dalam bunga telang terdapat kandungan antioksidan yang baik bagi penderita asma.

Selain itu, bunga telang juga memiliki antiastmatisk ekstrak etanol dari akar bunga telang yang mampu melindungi penderita asma dari alergi.

6. Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Bunga telang dipercaya dapat menjaga Kesehatan mata. Manfaat bunga telang satu ini sudah dibuktikan oleh salah satu studi Procedia Chemistry. Procedia Chemistry mengatakan, bunga telang dapat menjaga mata dari penyakit konjungtivitis.

Bunga telang akan menjadi penjaga agar tidak ada bakteri yang dapat merusak mata dan akan menstrelilkannya. Biasanya bagian yang diambil dari bunga telang untuk manfaat yang satu ini adalah akar atau bunganya.

7. Mampu Mengeluarkan Dahak dari Bronkitis Kronis

Akar bunga telang memiliki sifat laksatif atau pencahar, dimana hal ini dipercaya dapat membuat bunga telang dapat mengeluarkan dahak pada penakit bronkitis kronis. Kamu dapat mengambil bagian akar dari bunga telang untuk mendapatkan khasiatnya yang satu ini.

Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi air rebusan akar bunga telang sebab dapat menimbulkan efek samping, yakni sakit perut.

8. Mampu Meredakan Migrain

Migrain adalah salah satu penyakit yang sering dialami banyak masyarakat Indonesia. Untuk mengurangi penyakit ini, kamu dapat memanfaatkan bunga telang.

Bunga telang memiliki sifat antiimflamasi yang mampu meredakan rasa nyeri salah satunya migrain.

9. Mengobati Bisul

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah mampu mengobati bisul. Cara pengaplikasinnya juga cukup mudah.

Kamu cukup menumbuk bunga telang hingga halus dan tambahkan gula jawa secukupnya. Lalu oleskan ke bisul hingga merata.

10. Diare

Bunga telang memiliki efek famarkologis antidiaera dan antiradang. Dengan efek tersebut, tentu Bunga ini dapat mengurangi resiko dan mampu mengobati diare dengan mengonsumsinya secara rutin.

Nah, itulah 10 manfaat bunga telang yang baik untuk Kesehatan. Dengan semua manfaat itu, kamu dapat menjadikan olahan dari bunga telang sebagai salah satu obat untuk menjaga tubuh kami dari segala penyakit. Semoga ulasan kami dapat membantu dan selamat mencoba!

Tag : #bunga telang    #bunga    #kesehatan    #manfaat bunga telang    #tanaman    #penyakit   

Baca Juga