parboaboa

Wajib Tahu! Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Jesika | Kesehatan | 13-02-2023

Manfaat daun sirih cina (Foto: Instagram/@kbudiz)

PARBOABOA – Sirih Cina (Peperomia pellucida) merupakan tanaman semak yang biasanya tumbuh hingga di ketinggian sekitar 15-45 cm. Tanaman ini bisa tumbuh dengan sendirinya di area halaman rumah atau pada pot tanaman yang kamu rawat.

Tanaman yang lebih dikenal sebagai daun ketumpang ini dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal sejak zaman dahulu kala. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih Cina bermanfaat untuk kesehatan karena berbagai zat dan nutrisi baik yang terkandung di dalamnya.

Adapun kandungan nutrisi didalam Sirih Cina adalah sebagai berikut:

  • Protein sebanyak 0,5 gram
  • Kalium sebanyak 277 mg
  • Karbohidrat sebanyak 1,1 gram
  • Lemak sebanyak 0,5 gram
  • Kalsium sebanyak 94 mg
  • Fosfor sebanyak 13 mg
  • Zat besi sebanyak 4,3 mg
  • Beta karoten sebanyak 1250 mg
  • Asam karbonat sebanyak 2 mg

Dari kandungan nutrisi diataslah tanaman herbal ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaat daun sirih Cina itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini! 

1. Mencegah Kanker

Ilustrasi sel kanker (Foto:Freepik)

Kandungan Peperomia E yang baik di dalam daun sirih Cina terbukti dapat mencegah pertmbuhan sel kanker. Ekstrak dari tanaman ini juga telah terbukti memiliki agen anti kanker yang cukup baik.

Ekstrak daun sirih juga mampu menghambat pertumbuhan berbagai patogen dan bakteri yang telah menghambat 30 persen DPPH (2, 2-diphenyl-1-picrylhydrazyl) radikal bebas. DPPH sendiri merupakan bubuk kristal berwarna gelap yang terdiri dari molekul radikal bebas yang stabil.

2. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Ilustrasi kolesterol tinggi (Foto:Shutterstock)

Manfaat daun sirih Cina berikutnya adalah menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Dengan meminum ekstrak daun siri cina dalam dosis yang sesuai akan membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit kronis lain.

3. Menurunkan Kadar Asam Urat

Ilustrasi asam urat tinggi (Foto:Freepik)

Manfaat daun sirih cina untuk asam urat juga cukup ampuh. Sebuah uji laboratorium dilakukan pada tikus yang menghasilkan bahwa tikus yang diberi ekstrak daun sirih cina memiliki kadar asam urat darah yang 44% lebih rendah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, jelas bahwa tanaman ini mengandung zat yang dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk menurunkan kadar asam urat.

4. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Ilustrasi infeksi saluran kemih (Foto:Freepik)

Infeksi saluran kemih adalah salah satu penyakit yang sudah umum terjadi, terutama pada wanita. Penyakit ini terjadi akibat infeksi bakteri atau gaya hidup yang tidak sehat. Di sejumlah negara, sirih Cina kemudian telah digunakan untuk mengobati ISK.

Biasanya sirih Cina akan diolah dalam bentuk rebusan teh. Racikan ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat alami dalam mengatasi kencing batu dan gagal ginjal.

5. Mengatasi Gejala Arthirtis

Ilustrasi radang sendi (Foto:Shutterstock)

Arthiritis (radang sendi) terbagi menjadi rheumatoid arthritis, atau dikenal juga dengan sebutan rematik, dan osteoarthritis. Orang dengan penyakit ini kerap mengalami nyeri sendi. Biasanya, obat yang digunakan dalam meredakan nyeri sendi ini adalah ibuprofen.

Studi kemudian menunjukkan bahwa kombinasi penggunaan ibuprofen dengan ekstrak sirih Cina akan membantu mengatasi rasa nyeri lebih cepat.

Demikianlah beragam manfaat sirih Cina untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat yah!

Editor: Juni Sinaga

Tag: #sirih cina    #tanaman herbal    #kesehatan    #tanaman obat   

BACA JUGA

BERITA TERBARU