parboaboa

10 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Jesika | Kesehatan | 19-12-2022

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan (Foto: Kompas)

PARBOABOA - Kencur adalah tanaman herbal yang memiliki nama latin Kaempferia galanga. Tanaman yang memiliki aroma dan cita rasa unik ini banyak tumbuh diwilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Malayasia.

Kencur dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Ragam manfaat yang ditawarkan kencur tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi didalamnya. Berikut beberapa kandungan nutrisi pada kencur :

- Protein

- Serat

- Mineral, seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc

- Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan folat

Selain itu, tanaman kencur juga mengandung minyak esensial dan senyawa yang bersifat antioksidan, antirang, anti bakteri, dan anti nyeri.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat tanaman kencur dapat kamu temukan di rimpang dan daunnya. Rimpang dan Daun kencur dapat kamu gunakan untuk mengatasi sakit kepala, ketombe, sakit gigi dan sakit perut. Tidak hanya sebagai herbal saja, kencur juga banyak digunakan sebagai bahan campuuran dalam produk sampo, cuka, beda, dan aromaterapi.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui manfaat kencur lebih dalam. Simak ulasannya dibawah ini yah!

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan properti karminatif yang terkandung dalam kencur diyakini mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Selain itu, kencur juga bisa menambah cita rasa dan aroma khas pada masakan, minuman dan makanan ringan.

2. Mencegah Resiko Kanker

Campuran kencur dan madu diyakini mengandung antioksi dan yang cukup tinggi sebagai pencegah kanker. Kandungan senyawa flavonoid pada kencur bisa memerangi pertumbuhan sel ganas dan genotoksisitas kimiawi dalam tubuh. Kencuir efektif mencegah kanker kulit, kanker lambung, kanker pankreas, kanker hati, dan kanker payudara.

3. Membantu Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat kencur bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah Membantu Memelihara Kesehatan Jantung. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kencur dapat meningkatkan sirkulasi jantung. Sebagai anti-inflamasi dan menurunkan kolestrol. Tanaman herbal ini juga dapat melindungi diri dari serangan jantung dan memgurangi kontraksi jantung.

4. Merangsang Pertumbuhan Sel Otak

Pertumbuhan sel otak yang sehat kerap dikaitkan dengan beberapa nutrisi dalam kencur. Selain itu, manfaat kencur bagi kesehatan tubuh berfungsi sebagai anti-depresi. Tanaman herbal ini juga dapat mencegah timbulnya penyakit yang menyerang sel otak. Mengonsumsi campuran kencur dan madu di pagi hari secara rutin dapat mengurangi pengendapan plak beta-amiloid di otak.

5. Mengobati Penyakit Diare

Menurut studiInternational Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences membuktikan bahwa dengan meminum ramuan tanaman herbal ini diyakini dapat mengobati penyakit diare. Dalam penelitian itu, kandungan sitotoksik serta antibakteri di dalam kencur dapat membunuh bakteri jahat serta mencegah bakter itu datang kembali.Kamu bisa menumbuk kencur dan campurkan dengan madu. Kemudian disaring untuk mendapatkan sarinya.

6. Melancarkan Pernapasan

Sebagai tanaman herbal, kencur telah digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan alami penyakit flu, batuk dan sakit tenggorokan. Campuran kencur dan madu dapat membantu fungsi paru-paru dan melonggarkan dahak.

Kandungan yang terdapat dalam kancur bisa membantu melancarkan perapasan dan mengurangi dahak. Tak hanya itu, ekstra kencur juga turut menenagkan sma dan sindrom gangguan pernapasan akut dari efek anti-inflamasi.

7. Mengurangi Kolestrol Jahat

Berbagai kandungan yang terdapat dalam tanaman herbal ini dapat meningkatkan kinerja empedu. Hal tersebut berkaitan erat dengan jumlah kolestrol yang ada di dalam tubuh. Empedu bertanggung jawab dalam penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin, termasuk kolesterol jahat. Kencuru juga diyakini bisa mengontrol kolestrol jahat (LDL) dalam darah.

8. Mengobat Kencing Batu

Kandungan Senyawa dalam ekstrak kencur bermanfaat untuk mengobati penyalit kencing batu. Untuk membuat ramuannya, kamu tinggal ambil dan cuci dua rimpang kencur, kemudian parut untuk dicampur dengan segelas air hangat. Setelah diaduk rata, hasil parutan kencur disaring dan tambahkan sedikit garam untuk diminum secara teratur sehari sekali saja.

9. Mengobati Penyakit akibat bakteri

Ekstrak methanol dalam kencur sangat efektif dalam mengatasi bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat yang dinamakan granulomatous amoebic encephalitis. Tanaman herbal ini juga mampu membunuh amoebic keratis, bakteri penyebab infeksi pada kornea mata.

10. Mengobati masuk angin dan flu

Manfaat kencur selanjutnya adalah mengobati masuk angin dan flu. Caranya, kamu bisa terlebih dahulu menumbuk halus sebuah rimpang kencur dan dua lembar daun kemukus. Setelah ditambahkan sedikit air hangat, ramuan ini dapat digunakan sebagai inhaler. Ramuan ini dioleskan di sekitar hidung atau dibungkus dulu dikain agar baunya bisa dihisap hidung.

Demikianlah 10 manfaat kencur untuk Kesehatan tubuh. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Editor: -

Tag: #kencur    #manfaat kencur    #kesehatan    #tanaman herbal    #tanaman obat   

BACA JUGA

BERITA TERBARU