Ilustrasi seseorang yang sedang mengonsumsi kopi (dok:nescafe.com)

Berikut Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan

Dimas | Kesehatan | 23-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap hari. Sebab, kopi dinilai memiliki rasa yang nikmat dan mampu menjadi penambah energi untuk memulai hari.

Selain memiliki rasa yang nikmat, kopi juga disebut memiliki banyak vitamin dan kandungan zat yang baik bagi tubuh, seperti vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, magnesium serta niasin.

Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan yang ada pada kopi, Anda juga harus mengetahui bahwa mengonsumsi kopi secara teratur juga memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Adapun manfaat baik tersebut, yakni:

1. Cegah stroke

Orang yang minum kopi secara teratur, diketahui memiliki kemungkinan  lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat stroke, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan banyak lagi.

2. Turunkan risiko kanker

Kafein memiliki sifat antikarsinogenik dan dapat membantu melindungi dari kanker tertentu, termasuk kanker usus besar, mulut, prostat, payudara, dan kulit.

Melansir Stylecraze, kafein mengandung antioksidan, anti-mutagen, dan diterpen, yang juga dapat mengurangi risiko kanker mulut. Ini memiliki sifat antiproliferatif dan antimetastatik yang membantu menghambat pertumbuhan garis sel kanker prostat. Selain itu, aktivitas kemoprotektif kafein mengurangi risiko kanker kulit nonmelanoma.

3. Cegah parkinson

Melansir Hopkinsmedicine, manfaat minum kopi tidak hanya terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit Parkinson, tetapi juga dapat membantu mereka yang memiliki kondisi tersebut untuk mengontrol gerakan mereka dengan lebih baik.

4. Kopi turunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang diderita banyak orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistansi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Manfaat kopi yang dikonsumsi rutin secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi tahun 2009 menemukan, bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23-50 persen lebih rendah terkena penyakit tersebut.

5. Minum kopi tingkatkan energi dan fungsi otak

Khasiat minum kopi dapat mengurangi rasa lelah, hingga meningkatkan energi. Hal tersebut disebabkan kandungan stimulan yang bernama kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Setelah meminum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah kemudian menuju ke otak. Di otak, kafein memblokir adenosin neurotransmitter. Ketika ini terjadi, jumlah norepinefrin dan dopamin pun meningkat. Selain itu, rutin minum kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, maupun kewaspadaan.

Takaran Konsumsi Kopi yang Tepat

Agar menjadi manfaat baik bagi kesehatan, mengonsumsi kopi juga memilik takaran atau batasan dalam satu hari. Melansir dari Mayo Clinic, batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian besar orang dewasa adalah 400 miligram (mg). Kafein sebanyak ini kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi atau 2 gelas minuman berenergi.

Meski begitu, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa minum kopi 4 cangkir per hari tergolong berlebihan. Beberapa peneliti mengatakan, orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi setiap hari memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 56 persen.

Oleh sebab itu, sebaiknya batasi asupan kopi Anda agar tidak melebihi 2 – 3 cangkir setiap hari.

Nah, itulah seputar informasi terkait manfaat mengunsumsi kopi bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Tag : #kopi    #konsumsi kopi    #kesehatan    #biji kopi    #kafein    #stroke    #kanker   

Baca Juga