Lidah buaya (dok Freepik/trumronnarong)

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Rini | Kesehatan | 13-01-2022

PARBOABOA - Lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan aloe vera adalah salah satu tumbuhan kerap dimanfaatkan dalam produk kecantikan, karena tumbuhan ini mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk perawatan wajah, mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengobati bekas luka, termasuk bekas jerawat.

lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki daging tebal pada bagian daunnya. Bagian daun tersebut memiliki tekstur yang licin dan mirip gel yang dipakai untuk membuat produk-produk kecantikan berupa masker wajah, pelembab, sabun cuci muka, serta serum wajah.

Namun, jika lidah buaya diaplikasikan secara langsung ke wajah akan memberi manfaat yang lebih maksimal, karena digunakan tanpa campuran dari bahan-bahan kimia.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikann:

1. Membantu menghilangkan bekas jerawat

Seperti disebutkan diatas, lidah buaya mempunyai sifat anti inflamasi, sehingga lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, gel aloe vera dapat dioleskan secara langsung pada seluruh wajah sebagai masker secara rutin.

Tak hanya menghilangkan bekas jerawat, lidah buaya juga dapat mengobati jerawat yang meradang karena mengandung asam salisilat yang apat membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Melembapkan kulit

Manfaat selanjutnya dari mengoleskan daging lidah buaya ke wajah adalah membantu menjaga kulit wajah tetap lembap. Hal ini karena lidah buaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dan kandungan antioksidan di dalamnya juga diyakini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

3. Meredakan kulit yang terbakar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit terbakar seperti memerah, melepuh, atau terasa perih saat disentuh atau yang disebut sunburn. Lidah buaya yang dioleskan langsung ke kulit dapat membantu menenangkan kulit terbakar matahari. Selain itu lidah buaya akan melembabkan kulit dan mencegah pengelupasan pada kulit yang terbakar tersebut.

4. Memperlambat penuaan dini kulit

Tak hanya membuat kulit terbakar, paparan sinar ultraviolet dalam jangka panjang juga dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Ini dikarenakan paparan sinar ultraviolet dapat memecah kolagen dan merusak serat elastin pada lapisan kulit paling dalam atau dermis.

Lidah buaya yang rutin dioleskan ke wajah dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit, sehingga mampu menyamarkan keriput, garis-garis halus, dan kulit kendur yang menjadi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

5. Membersihkan make up

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan make up tanpa iritasi. Dengan teksturnya yang seperti gel, lidah buaya dapat melarutkan riasan wajah sekaligus melembapkan kulit.

Itu dia beberapa manfaat dari lidah buaya untuk kecantikan. Hasil maksimal dari penggunaan lidah buaya ini akan didapat jika rutin digunakan.

Tag : #gaya hidup sehat    #kecantikan    #lidah buaya    #kesehatan   

Baca Juga