Madu hitam (Dok: Halodoc)

Mengetahui Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Penyakit Lambung

Sondang | Kesehatan | 29-06-2022

PARBOABOA - Sejak ribuan tahun lalu, madu memang telah dikonsumsi oleh manusia. Bagaimana tidak, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga cenderung digunakan untuk obat tradisional.

Seiring berjalannya waktu, makin banyak pula jenis madu yang ditemukan dengan beragam khasiatnya. Salah satunya madu hitam yang dihasilkan dari lebah yang mengisap nektar dari bunga mahoni (Swietenia mahagoni).

Senyawa alkaloid dari mahoni inilah yang membuat warna madu menjadi gelap. Hal ini juga yang membuat rasa madu hitam menjadi pahit. Meski demikian, terdaoat segudang manfaat madu hitam yang bisa kita rasakan setelah meminumnya. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Madu Hitam?

Seperti penjelasan di atas, madu hitam merupakan jenis madu yang berasal dari bunga mahoni, sehingga memiliki warna yang lebih hitam dan pekat. Selain itu, jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa.

Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang ada pada pohon mahoni. Akan tetapi, justru dari alkaloid inilah banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari madu hitam.

Madu hitam tak hanya bersumber dari nektar mahoni. Di beberapa negara, ada madu hitam yang bersumber dari lebah yang mengisap nektar dari bunga soba (Fagopyrum esculentum).

Riset yang dilakukan University of Illinois menemukan bahwa madu yang bersumber dari nektar bunga soba mengandung 20 kali antioksidan. Kandungan antioksidan madu hitam soba dapat memperlambat oksidasi zat lain.

Khasiatnya juga untuk melawan efek racun dari radikal bebas penyebab kerusakan DNA yang mengakibatkan masalah terkait usia seperti radang sendi, stroke dan kanker.

Selain itu, madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang ternyata baik untuk tubuh Anda, seperti saponin dan flavonoid.

Pada tahun 2013, terdapat sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tentang penggunaan madu tradisional dan modern untuk kesehatan manusia. Di sana diketahui bahwa madu hitam mengandung antioksidan lebih tinggi daripada madu biasa.

Hal ini dikarenakan madu yang mengandung senyawa flavonoid ini mempunyai kandungan fenolik total yang lebih banyak, sehingga efeknya cukup besar terhadap tubuh manusia.

Selain itu, banyak penelitian yang mengatakan bahwa semakin gelap warna sebuah madu, semakin banyak nutrisi dan vitamin yang dimiliki olehnya.

Kandungan Madu Hitam

Sebelum beralih ke manfaat madu hitam, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan madu hitam yang membuatnya dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.

Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram madu hitam:

  • 20 gram Air
  • 294 kkal Kalori
  • 0,3 gram Protein
  • 79,5 gram Karbohidrat
  • 0,2 gram Serat
  • 5 miligram Kalsium
  • 16 milligram Fosfor
  • 0,9 miligram Zat besi
  • 6 miligram Natrium
  • 26,9 miligram Kalium
  • 0,04 miligram Tembaga
  • 0,2 miligram Seng (Zinc)
  • 0,04 miligram Riboflavin
  • 0,1 miligram Niacin
  • 4 miligram Vitamin C

Manfaat Madu Hitam

Dengan kandungan sebanyak itu, maka tak heran jika manfaat madu hitam untuk kesehatan juga banyak, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Stamina

Stamina memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari hari. Sebab, hal ini membuat tubuh kita lebih bertenaga dalam menjalankan aktivitas.

Nah, jika kamu merasa kurang berstamina, madu hitam lah jawabannya. Mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin dipercaya mampu menambah stamina mu sehingga aktivitasmu berjalan dengan lancar.

2. Mengatasi Masalah Pernapasan

Madu hitam dipercaya memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya dapat mengatasi penyakit radang tenggorokan. Apalagi, madu hitam juga dapat bermanfaat sebagai bahan alami untuk membersihkan paru-paru dari berbagai patogen. Hasilnya, saluran pernapasan akan bekerja lebih maksimal. Maka dari itu, madu hitam sangat baik para penderita asma.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang berikutnya adalah madu hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, tingginya kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Terutama jenis penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

Nah, mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat menurunkan atau menetralkan kolesterol dalam tubuh dan dapat mencegah penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

4. Menurunkan Gula Darah

Selanjutnya, manfaat madu hitam dipercaya dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, madu hitam sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Kandungan gula dalam madu hitam juga diketahui lebih sedikit dibandingkan dengan madu biasa.

5. Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Hal itu bisa kamu dapatkan dari madu hitam yang mampu menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Saking tingginya kandungan antioksidan pada madu hitam, bahan alami ini dipercaya dapat menjadi bahan alami pencegah kanker.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat madu hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit khususnya untuk perawatan kecantikan. Madu hitam dipercaya bisa dijadikan sebagai masker wajah. Karena sifat antiinflamasinya, madu hitam diklaim mampu mengatasi jerawat dan dapat menyamarkan flek hitam pada wajah.

7. Mengatasi Gejala Penyakit Lambung

Penderita sakit lambung kerap mengalami beberapa gejala, seperti nyeri ulu hati, kembung, mual, dan muntah. Walaupun jarang menimbulkan komplikasi serius, sakit lambung yang tidak segera diatasi, nyatanya bisa berujung pada munculnya luka di lambung yang cukup dalam dan melebar.

Salah satu cara mengobati sakit lambung secara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi madu hitam pahit. Sebab, manfaat madu hitam memiliki sifar dasar sebagai antibiotik, sehingga mampu mengurangi gejala lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

8. Mampu Menurunkan Berat Badan

Terakhir, madu hitam pahit dipercaya mampu menurunkan berat badan. Itu karena madu hitam mengandung senyawa flavonoid yang dapat mencegah peradangan dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Flavonoid mampu mengobati peradangan dalam tubuh sekaligus menekan produksi hormon leptin, yakni hormon yang dihasilkan oleh sel-sel lemak untuk membantu proses metabolisme dan mengontrol nafsu makan kamu. Selain menghindari obesitas, kamu tentu sekaligus mengurangi risiko penyakit lain, seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi

Nah, itulah seputar informasi terkait pengertian hingga manfaat madu hitam untuk kesehatan. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Tag : #madu hitam    #asam lambung    #kesehatan    #berat badan    #kolesterol   

Baca Juga