Manfaat Makanan Pedas (sumber: iStockphoto)

7 Manfaat Makanan Pedas untuk Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan!

Wulan | Kesehatan | 03-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Makanan yang menimbulkan sensasi panas di mulut ini menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya nikmat saat disantap, namun juga punya beberapa manfaat makanan pedas yang bisa Anda dapatkan.

Banyaknya menu makanan pedas pada kuliner Indonesia lantaran negeri ini kaya aneka rempah, termasuk cabai dan merica. Bahkan, orang Indonesia sudah menjadikan cabai sebagai bahan utama sambal seusai kedatangan bangsa Portugis antara abad ke-15 hingga 16.

Bukan hanya sebagai pelengkap, sambal atau makanan yang pedas ternyata juga memiliki segudang maanfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat tersebut? Yuk Simak!

1. Menjaga kesehatan jantung

Bagi setiap orang yang mengonsumsi cabe merah terbukti memiliki kadar LDL (low desity lipoprotein) yang lebih renda, atau sering disebut kolesterol “jahat” lantaran meyebabkan risiko penyakit jantung meningkat. Sebuah penelitian terbaru mengatakan jika sesorang mengonsumsi paprika dapat menurunkan tingkat kematian akibat penyakit jantung dan stroke 13% lebih rendah.

2. Mempercepat metabolisme

Manfaat makanan pedas lainnya adalah mempercepat metabolisme. Berdasarkan dara di berbagai penelitian menunjukkan bahwa sebagian rempah-rempah termasuk cabai, bisa meningkatkan metabolisme dan memperlambat nafsu makan seseorang.

3. Membatu melawan sel kanker

Zat aktif yag terkandung dalam cabai yakni Capsaicin sudah terbukti membantu memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Dari hasil studi yang dilakukan UCLA menemukan bahwa capcaisin punya kemampuan menghambat petumbuhan sel kanker prostat pada tikus.

4. Menurunkan Berat Badan

Walau sebagian dari kita merasa kurang yakin, namun penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi makanan pedas cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, meningkatkan asupan rempah-rempah disebut dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang berbeda-beda.

5. Mengendalikan Nafsu Makan

Cabai dan rempah-rempah lainnya juga dapat memengaruhi rasa lapar seseorang. Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa capsain bekerja pada hipotalamus yakni, bagian otak yang mengendalikan rasa lapar dan kenyang. Ditemukan juga bagi setiap orang yang suka mengonsumsi makanan pedas akan lebih cenderung makan dengan porsi yang lebih sedikit.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan membantu memecahkan lemak yang ada dalam makanan, rempah-rempah juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas bisa menurunkan risiko beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

7. Mengatasi Peradangan

Hidangan panas dan pedas juga dapat mengurangi peradangan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa capcaisin dapat membantu mengurangi peradangan tingkat rendah di dalam usus atau sejenis peradangan yang berhubungan dengan obesitas.

Tag : #makanan    #manfaat makanan pedas    #kesehatan    #manfaat makanan pedas untuk tubuh    #makanan pedas    #khasiat makanan pedas   

Baca Juga