Jantung pisang (dok The Guardian)

Manfaat Mengkonsumsi Jantung Pisang untuk Kesehatan

Rini | Kesehatan | 15-12-2021

PARBOABOA - Jantung pisang adalah bagian dari pisang yang menjadi cikal bakal buah. Sama seperti pisang yang banyak mengandung vitamin, jantung pisang juga mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia setelah memanen pisang seringkali membuang bagian jantung begitu saja.

Padahal jantung pisang dapat diolah menjadi tumisan, hingga dijadikan gulai. Namun sebelum mengolahnya, bagian kuntum berwarna kekuningan harus lebih dahulu dihilangkan agar tidak menimbulkan rasa pahit setelah jantung pisang tersebut selesai diolah.

Perlu diketahui bahwa jantung pisang mengandung mineral yang sangat penting untuk tubuh seperti fosfor, kalsium, kalium, tembaga, magnesium, besi dan sejumlah vitamin lainnya. Keseluruhan kandungan dalam jantung pisang tersebut sangat berguna untuk menangkal penyakit.

Berikut beberapa manfaat dari jantung pisang untuk kesehatan dilansir dari berbagai sumber:

1. Menurunkan resiko diabetes

Bagi penderita penyakit diabetes, ekstrak jantung pisang adalah salah satu makananan yang wajib dikonsumsi karena jantung pisang mempunyai fungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya dalam batas normal. Tidak hanya itu, ekstrak jantung pisang juga berpotensi meningkatkan kadar hemoglobin total dalam darah.

2. Membuat Siklus Menstruasi Lebih Lancar

Wanita yang mengonsumsi jantung pisang kadar progresteron pada tubuhnya dapat meningkat. Progresteron ini merupakan hormon pada tubuh wanita yang mengatur siklus mentruasi, menjaga kehamilan dan mempersiapkan diri untuk pembuahan atau program kehamilan.

3. Menurunkan berat badan

Jantung pisang mengandung karbohidrat yang rendah, namun dengan serat yang tinggi, jantung pisang dapat membuat kenyang lebih lama. Sehingga jantung pisang baik dikonsumsi saat diet. Biasanya jantung pisang dapat dijadikan salad saat diet.

4. Mencegah inferksi

Manfaat lain dari mengkonsumsi jantung pisang adalah untuk mencegah infeksi. Pasalnya, jantung pisang memiliki kandungan etanol yang memiliki peran dalam mencegah perkembangan bakteri patogen.

Bakteri patogen yang terus berkembang biak di dalam tubuh dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga rentan kena penyakit. Mengonsumsi jantung pisang juga memiliki manfaat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, akibat dari infeksi bakteri.

5. Mencegah kanker

Jantung pisang juga mengandung asam fenolik, tanin, flavonoid dan berbagai antioksidan lainnya. Antioksidan ini mampu menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan oksidatif, bahkan cukup efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Nah itu dia beberapa manfaat dari jantung pisang. Jadi muali sekarang, setelah memanen pisang, pastikan jangan membuang bagian jantung pisang karena dapat diolah menjadi makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Tag : #jantung pisang    #manfaat jantung pisang    #mencegah diabetes    #kesehatan   

Baca Juga