Manfaat timun untuk kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Timun Untuk Kesehatan

rini | Kesehatan | 22-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Masyarakat Indonesia pastinya sangat familiar dengan mentimun atau timun. timun biasanya diolah menjadi acar, jus, atau dijadikan lalapan.

Buah ini ternyata menyimpan segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh karena mengandung banyak  kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Timun adalah kelompok tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Timun bisa dimakan langsung dan mengandung banyak air. Selain itu nutrisi didalamnya mencegah dehidrasi dan cocok dimakan ketika cuaca panas.

Berikut manfaat konsumsi timun untuk kesehatan:

1. Mencegah Dehidrasi

Air memiliki peran penting untuk fungsi tubuh, sehingga pastikan cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi agar tehindar dari dehidrasi. Hal ini dapat memengaruhi fungsi kerja tubuh hingga sistem metabolisme. Mentimun mengandung air hingga 96%, sehingga bisa menjadi pilihan meningkatkan hidrasi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

2. Mencegah Diabetes

Timun membantu menurunkan gula darah, sampai menghentikan glukosa darah yang naik terlalu tinggi. Menurut studi, kulit mentimun mengandung antioksidan. Konsumsi timun bisa mengatur pelepasan insulin, metabolisme glikogen hati ketika pemrosesan gula darah.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat timun bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Kandungan serat berupa pektin pada timun juga dapat membantu mengatur pergerakan usus serta meningkatkan frekuensi buang air besar.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat timun yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. timun mengandung kalium sekitar 152mg per cangkir, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian tentang asupan kalium menunjukkan bahwa asupan yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat stroke yang lebih rendah dan mungkin juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Adanya kandungan magnesium, kalium, dan serat di dalam mentimun ini dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dengan mengonsumsi mentimun akan menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

6. Menangkan Kulit dari Iritasi

Sifat anti-inflamasi pada timun dapat membantu menenangkan kulit dari iritasi serta pembengkakan pada kulit. Misal, seperti mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Timun dapat di gosokkan langsung pada bagian kulit yang iritasi. Tak heran jika mentimun sudah sejak lama dijadikan salah satu obat rumahan untuk mengatasi jerawat dan kulit terbakar.

Tag : gaya hidup sehat, buah timun, manfaat konsumsi buah timun, kesehatan

Berita Terkait