Manfaat rebusan sereh

Manfaat Mengonsumsi Sereh bagi Tubuh

rini | Kesehatan | 01-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Serai atau sereh termasuk rempah yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk memasak, karena memiliki rasa dan aroma yang khas.

Namun selain sebagai rempah masakan ternyata sereh ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab sereh mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Selain itu sereh juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida

Berikut manfaat rebusan sereh yang baik untuk kesehatan:

Sumber Antioksidan

Manfaat Sereh bagi kesehatan diperoleh dari sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, sereh memiliki kandungan beberapa antioksidan.

Antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan dalam sereh adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

Detoksifikasi Tubuh

Selanjutnya, sereh ini bermanfaat untuk detoksifikasi alias menetralkan racun dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan sereh mampu membersihkan toksin berbahaya yang keluar dari badan, dapat memperlancar fungsi beberapa organ tubuh, tergolong juga hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat.

Atasi Tekanan Darah Tinggi

Sereh kaya akan kalium yang bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Efek ini dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Dengan meningkatkan sirkulasi darah, sereh dapat membantu membersihkan hati. Sereh juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Flu dan hidung tersumbat 

Sereh memiliki aroma yang khas dan bersifat menghangatkan. Hal tersebut bermanfaat meredakan hidung tersumbat serta mengencerkan lendir dalam hidung.  Antioksidan dalam sereh mampu membunuh bakteri penyebab flu dan hidung tersumbat.

Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan sitral dalam sereh dapat berfungsi sebagai antikanker. Oleh sebab itu, sereh sering kali digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi risiko kanker.

Mengobati insomnia

Manfaat selanjutnya, sereh berkhasiat untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

Itu dia beberapa manfaat mengkonsumsi rebusan sereh. Tak hanya itu, sereh juga telah dimanfaatkan sebagai produk perawatan tubuh seperti sabun dan deodoran.

Tag : #kesehatan    #sereh    #serai    #antioksidan    #detoksifikasi   

Baca Juga