Beragam Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Kecantikan (Dok. Amazine)

Beragam Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Kecantikan

Olivia | Kesehatan | 27-06-2022

PARBOABOA – Teh pertama kali ditemukan di Negeri Tirai Bambu, China sekitar 5.000 tahun lalu atau tahun 2737 SM. Awal ditemukannya dari ketidaksengajaan daun teh hijau yang jatuh ke dalam cangkir berisi air panas milik Kaisar China, Shen Nong.

Kegunaan awalnya adalah sebagai obat bagi para penjaga agar tetap terjaga. Kini teh telah memiliki segudang manfaat dari berbagai jenis bahan yang digunakan. Bahan utama pembuatan teh tidak hanya berasal dari daun hijau saja, beberapa bunga juga sudah dijadikan sebagai teh.

Salah satu bunga yang diolah menjadi teh dan dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan adalah Chamomile.

Bunga Chamomile adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang masih memiliki kekerabatan dengan bunga Matahari. Bunga ini dijadikan teh karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Selain itu, terdapat senyawa aktif seperti azolin, bisabolol, apigenin, dan luteolin. Alih-alih mengonsumsi obat-obatan, kamu bisa menggunakan teh bunga Chomomile untuk menjaga kesehatan tubuh serta kecantikan. Berikut beberapa manfaat teh Chamomile

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Memiliki kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai anti-bakteri, membuat teh Chamomile mampu menyerap racun dari makanan dan memperkuat kekebalan tubuh. Mengonsumsi teh ini secara rutin, 5-6 gelas teh selama 2 minggu dapat memerangi segala infeksi.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi penderita insomnia, meminum teh bunga Chamomile dapat memberikan dampak yang baik bagi kualitas tidur. Mengonsumsi teh tersebut sama seperti sedang melakukan terapi. Kandungan yang terdapat didalamnya berfungsi meredakan kecemasan yang membuat seseorang menderita insomnia.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat teh Chamomile selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Teh ini cocok bagi penderita diabetes karena dipercaya dapat menurunkan kadar gula dan mencegah melonjaknya gula darah setelah makan.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Bunga Chamomile yang diolah menjadi bahan utama teh memiliki sifat antikanker dan antioksidan yang dapat menurunkan peradangan dan juga menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker saluran pencernaan, kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, kanker kulit, serta kanker tiroid.

5. Meredakan Gejala Flu

Teh Chamomile yang memiliki khasiat antiradang juga dipercaya dapat meredakan dan membantu proses pemulihan gejala flu, seperti  hidung tersumbat serta sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas maupun tidur.

6. Meredakan Nyeri Haid

Beberapa perempuan akan merasakan nyeri di bagian perut ketika sedang haid (dismenore). Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, kamu dapat mencoba mengonsumsi teh Chamomile. Kandungan anti-inflamasi dan relaksaksi pada bunga ini juga bisa meredakan sakit perut akibat kram dan menghilangkan rasa kembung.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Aroma teh yang diseduh dengan air panas dapat membuat kita sedikit rileks, ditambah lagi jika rutin mengonsumsinya. Teh Chamomile dikenal dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin pada tubuh, sehingga badan dan pikiran lebih tenang.

Cukup meminum 2 – 3 cangkir teh per hari, dapat menjaga kesehatan mental, terutama bagi kamu yang merasa lelah setelah seharian beraktivitas.

8. Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh Chamomile selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan hingga mendapat bentuk tubuh ideal. Bagi kamu yang ingin diet sehat, teh Chamomile merupakan pilihan terbaik karena rendah kalori.

Kamu juga dapat mengganti minuman yang mengandung gula tambahan tinggi, seperti kopi, jus kemasan, minuman bersoda dan lainnya dengan teh Chamomile.

Meski memiliki beragam manfaat, kamu juga perlu tahu bahwa teh Chamomile tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil. Hal ini dapat meningkatkan potensi keguguran pada janin. Salam sehat semuanya!

Tag : #Manfaat Teh Chamomile    #Bunga Chamomile    #Kesehatan    #Teh    #Minuman   

Baca Juga